Sukses

Jangan Dikupas, Kulit 4 Buah Ini Justru Mengandung Banyak Zat Baik Bagi Tubuh

Ketika memakan buah-buahan segar sering kali kita membuang kulitnya karena merasa sudah tidak terpakai. Ternyata ini salah. Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Buah memiliki manfaat yang beragam. Kebanyakan orang mengkonsumsi buah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehat secara alami.

Namun, ketika memakan buah-buahan segar sering kali kita membuang kulitnya karena merasa sudah tidak terpakai. Tetapi ternyata kulit buah jenis tertentu justru memiliki manfaat bagi kesehatan.

Manfaat mengonsumsi kulit buah itu mulai dari mencegah kanker hingga mengobati penyakit lain.

Seperti dikutip dari laman timesofindia, Rabu (5/12/2018), berikut empat buah yang sebaiknya tak Anda kupas bagian kulitnya:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Apel

Apel adalah buah yang mengandung antioksidan dan fitonutrien yang baik bagi tubuh. Namun, itu semua tidak akan terjadi apabila Anda mengupas kulitnya.

Sifat antioksidan kulit apel membantu dalam melawan penyakit Alzheimer dan masalah degeneratif lainnya.

Kulitnya juga mengandung sebagian besar serat dan vitamin, yang penting untuk kesehatan kita. Kulit apel mengandung senyawa yang disebut triterpenoids, yang menurunkan risiko kanker.

3 dari 5 halaman

2. Pir

Buah yang satu ini juga nikmat dimakan. Banyak orang cenderung mengupas kulit dan memakan daging buahnya saja.

Jika Anda mengupas kulitnya, maka Anda justru akan kehilangan serat dan nutrisinya. Kulit buah ini penuh dengan nutrisi yang berharga.

Bahkan, kandungan serat lebih banyak di kulit dibanding daging buahnya. Kulitnya juga mengandung fitonutrien antioksidan dan anti-inflamasi, jadi sebaiknya tidak mengupasnya.

4 dari 5 halaman

3. Sawo

Buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan bila dimakan bersama kulit.

Dalam buah sawo, mengandung vitamin yang dapat menjaga kesehatan. Manfaat yang dirasa adalah memperbaiki sistem pencernaan karena diperkaya dengan kalium.

Tak hanya kalium, zat lain yang juga terkandung adalah zat besi, folat, dan asam pantotenat. Jadi, lebih baik Anda memilikinya tanpa mengupas kulit.

5 dari 5 halaman

4. Plums

Sama seperti apel dan pear, buah plum juga mengandung antioksidan yang disebut asam klorogenat.

Selain itu, buah ini juga mengandung sumber vitamin-C yang baik. Plum sangat bagus untuk menghilangkan sembelit dan masalah pencernaan saat dimakan dengan kulitnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.