Sukses

Penembakan Massal di Kompetisi Gim di Florida, 3 Orang Tewas dan Belasan Terluka

Sebuah penembakan massal terjadi di Florida, AS, pada Minggu 26 Agustus, menewaskan tiga orang dan membuat belasan orang lain terluka.

Liputan6.com, Jacksonville - Dilaporkan sedikitnya tiga orang tewas ketika seorang pria bersenjata menembaki sebuah turnamen video gim di sebuah mal di Jacksonville, negara bagian Florida, Minggu sore.

Menurut sheriff setempat, Mike Williams, pelaku penembakan telah teridentifikasi bernama David Katz (24) yang berasal dari kota Baltimore.

Dikutip dari Time.com pada Senin (27/8/2018), Katz menembaki ruangan yang tengah diisi oleh kegiatan seri kejuaraan Madden NFL 19 dari Electronic Arts Sports (EA Sports), membuat dua peserta tewas dan setidaknya 11 orang lainnya terluka parah.

Laporan berita stasiun televisi lokal Twitch Tv menyebutkan setidaknya 12 tembakan terdengar saat meliput kompetisi gim tingkat nasional itu. Disebutkan pula bahwa suasana menjadi ricuh pada tembakan ketiga, di mana banyak orang berhamburan menyelamatkan diri.

Pelaku penembakan dilaporkan tewas bunuh diri, dan polisi mengkonfirmasi bahwa tidak ditemukan pelaku lain dalam serangan mematikan ini.

Kondisi di The Landing Mall, lokasi kompetisi gim digelar, dinyatakan kembali aman setelah enam jam penyusuran oleh tim SWAT, yang melakukan "pencarian metodis" di pusat perbelanjaan tersebut.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Minggu malam, polisi mengatakan menerima laporan darurat via nomor 911 sekitar pukul 12.34, dan dua menit kemudian langsung mengepung lokasi insiden.

Sembilan korban penembakan diangkut ke rumah sakit daerah setempat, tujuh di antaranya mengalami luka tembak, kata polisi. Dua korban lainnya dirawat ringan ke klinik terdekat. Otoritas keamanan memastikan semua 11 korban berada dalam kondisi stabil saat ini.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Motif Penembakan Belum Dikonfirmasi

Pihak berwenang mengatakan tersangka tunggal dalam penembakan itu tewas di tempat kejadian. Segera setelah insiden terjadi, polisi bekerja untuk memastikan bahwa tidak ada tersangka lain.

Sejauh ini, polisi belum bisa mengomentari tentang motif di balik aksi penembakan yang dilakukan oleh Katz. Namun, catatan terkini menyebut pelaku adalah salah satu peserta dalam kompetisi terkait yang menginap di suatu tempat lokal pada malam sebelumnya.

Penembak menggunakan satu pistol, yang saat ini sedang diselidiki polisi dengan bantuan Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api, dan Bahan Peledak (ATF). Tidak segera diketahui apakah pistol dibeli secara legal atau terdaftar atas nama Katz.

Di lain pihak, EA Sports sebagai penyelenggara kompetisi terkait menyatakan berduka, dan berjanji untuk berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk mengumpulkan fakta.

Kompetisi yang digelar di Jacksonville itu adalah bagian dari seri pertandingan "Madden NFL 19 Championship Series", yang diselenggarakan oleh gabungan stasiun televisi ESPN, liga NFL, dan raksasa gim EA Sports.

Agenda pada hari Minggu itu merupakan babak kualifikasi untuk maju ke putaran 16 besar, yang akan diselenggarakan di Las Vegas pada Oktober mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.