Sukses

Malaysia: Pencarian MH370 Akan Berakhir Pekan Depan

Beredar kabar yang menyebutkan bahwa kontrak pencarian Maskapai Malaysia Airlines MH370 tidak akan diperpanjang.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Menteri Perhubungan Malaysia yang baru mengatakan pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 oleh perusahaan swasta asal Amerika Serikat akan berakhir pada Selasa, 29 Mei 2018.

Kontrak pencarian tidak akan diperpanjang, Reuters melaporkan. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (24/5/2018).

Ocean Infinity, perusahaan yang bermarkas di Houston, telah melakukan pencarian pesawat yang hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret 2014. Pesawat nahas tersebut membawa 239 penumpang dan awak pesawat. Hilangnya pesawat tersebut menjadi misteri dunia penerbangan terbesar di dunia.

"Pagi ini, saya menanyakan hal ini di hadapan rapat kabinet dan setuju untuk diperpanjang hingga 29 Mei," kata Anthony Loke kepada wartawan.

Ketika ditanya apakah hal ini artinya tidak akan ada perpanjangan, dia mengatakan: "Ya."

Malaysia telah setuju pada Januari untuk membayar Ocean Infinity hingga USD 70 juta, jika perusahaan itu menemukan pesawat tersebut dalam pencarian di selatan Samudra India yang berlangsung selama 90 hari.

Pencarian pesawat jenis Boeing 777 tersebut awalnya diperkirakan akan berakhir Juni.

Namun Ocean Infinity telah menyelesaikan pencarian di kawasan yang menjadi target pada April dan meminta perpanjangan hingga 29 Mei, kata Loke.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.