Sukses

London hingga Kuala Lumpur, Ini Daftar Kota Terbaik bagi Pelajar di Dunia

Liputan6.com, London - Daftar peringkat bergengsi 30 kota pelajar terbaik di dunia menempatkan ibu kota Kerajaan Inggris, London, sebagai peraih puncak teratas.

Pada tahun-tahun sebelumnya, peringkat yang dikeluarkan oleh oleh analis data pendidikan tinggi QS, menempatkan Montreal dan Paris di posisi yang sama.  

Dikutip dari BBC pada Kamis (10/5/2018), peringkat bergengsi itu didasarkan pada faktor-faktor seperti jumlah universitas ternama di kota terkait, lapangan pekerjaan di tingkat lokal, serta keragaman budaya dan kualitas hidup.

Akan tetapi, London mendapat nilai buruk pada salah satu kategori penilaian, yakni keterjangkauan biaya hidup.

Peringkat kota universitas, bukan kualitas institusi, dihasilkan oleh firma konsultan pendidikan tinggi QS, yang menerbitkan peringkat universitas dunia setiap tahunnya.

Perbandingan, yang mencakup survei terhadap pandangan 50.000 siswa, merupakan upaya untuk mengukur beberapa daya tarik dan keluhan pelajar terhadap kota tempatnya menuntut ilmu.

Bagi para pelajar di London, terdapat konsentrasi yang lebih tinggi pada institusi kelas dunia dibandingkan kota lain, termasuk beberapa di antaranya Imperial College, University College London, serta London School of Economics dan King's College.

Siswa juga memiliki akses ke kehidupan sosial budaya yang beragam, seperti tersedianya cukup banyak fasilitas museum, teater, bioskop, dan restoran berkualitas.

Lebih dari itu, Kota London juga dilihat sebagai tempat yang baik untuk berinteraksi dengan banyak pengusaha dan menemukan lapangan pekerjaan.

London meraih peringkat tinggi karena menjadi kota yang sangat internasional, dengan tingkat toleransi dan keragaman yang tinggi, sehingga siswa luar negeri tidak akan merasa terisolasi ketika menempuh pendidikan di sana. 

Namun, ketika berbicara tentang biaya hidup dan keterjangkauan, London berada di posisi buruk, karena dinilai mahal dan sulit disesuaikan dengan anggaran para pelajar.

Ben Sowter, direktur riset di QS, mengatakan hasil riset menunjukkan bahwa London "tetap menjadi tempat yang bagus untuk belajar, meskipun biaya yang sangat 'menggiurkan'."

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

2 dari 2 halaman

Tokyo Sebagai Kota Idaman Pelajar Global

Sementara itu di posisi kedua, bertengger Kota Tokyo, yang disebut memenuhi hampir seluruh kriteria kota idaman pelajar global, seperti terlihat pada faktor keamanan, rendahnya tingkat polusi, dan kualitas hidup.

Adapun posisi ketiga ditempati oleh Kota Melbourne, yang merupakan imbas dari meningkatnya popularitas pendidikan tinggi di Australia dalam beberapa tahun terakhir. Negeri Kanguru itu dinilai memiliki kemudahan perizinan visa pelajar, biaya akomodasi yang cukup terjangkau, dan yang paling menarik perhatian adalah, peluang beasiswa yang semakin melimpah dari tahun ke tahun.

Dalam peringkat World University Rankings, berbagai universitas di Amerika Serikat mendominasi, mengambil empat tempat teratas dalam tabel liga yang dipimpin oleh Massachusetts Institute of Technology.

Tetapi tidak ada kota di Negeri Paman Sam yang masuk ke dalam daftar 10 kota pelajar terbaik di dunia. AS hanya menyumbang dua kota, New York dan Boston, di daftar 30 besarnya.

Paris, yang selama beberapa tahun sebelumnya berada peringkat teratas, kini menempati posisi kelima sebagai kota yang layak bagi pelajar global.

Namun, jika berbicara mengenai kota dengan biaya pendidikan yang terjangkau, ibu kota Hungaria, Budapest, berada di posisi teratas. Hal itu disusul oleh Kuala Lumpur di posisi kedua.

Artikel Selanjutnya
Lord Mayor of London Ajak Pemerintah Indonesia Berkolaborasi
Artikel Selanjutnya
Dikepung Era Serba Otomatis, Ini Solusi Tantangan Pendidikan Generasi 4.0