Sukses

15 Jimat Keberuntungan dari Seluruh Dunia, Bisa Bawa Hoki?

Rupanya, jimat dalam berbagai bentuk juga dipercaya oleh masyarakat yang tersebar di beberapa negara.

Liputan6.com, New York - Demi memperoleh kebentungan, sebagaian orang masih percaya dengan adanya kekuatan dari sebuah jimat. Entah apapun bentuknya, benda yang mereka percaya sebagai pembawa keberuntungan ini akan selalu mereka simpan.

Tak hanya disimpan di rumah, terkadang benda-benda yang dimaksud bisa dibawa ke mana-mana.

Mulai dijadikan sebagai liontin kalung, di selipkan di dompet hingga diikat di pinggang. Maka dari itu tak heran, beberapa kebiasaan membawa jimat ini jadi pegangan turun-temurun.

Bukan hanya masyarakat di Tanah Air yang percaya dengan benda-benda ini. Jimat dalam berbagai bentuk juga dipercaya oleh masyarakat yang tersebar di beberapa negara.

Jika yang percaya adalah mereka yang tinggal di negara berkembang, mungkin akan dapat bisa dimaklumi.

Namun, apa jadinya jika mereka yang tinggal di negara maju masih percaya dengan hal-hal semacam ini?

Seperti dikutip dari laman Businessinsider.sg, Selasa (6/2/2018), berikut 15 jimat yang dipercaya bawa keberuntungan di beberapa negara:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

1. Maneki-Neko - Jepang

Kendati Jepang terkenal sebagai negara maju, masyarakatnya ternyata masih mempercayai hal-hal berbau magis. Mereka kerap membawa jimat untuk kelancaran menjalani hidup.

Patung anjing, kucing, dan aneka ragam perkakas adalah favorit dijadikan jimat oleh orang Jepang.

Yang paling populer adalah maneki-neko atau boneka kucing yang menyapa. Jika tangan kanan maneki-neko yang mengangkat dipercaya akan mendatangkan banyak uang buat si pemilik. Sebaliknya jika tangan kiri kucing yang diangkat bermakna harapan pembeli akan datang membanjiri toko atau usaha pemiliknya.

Biasanya maneki-neko akan di letakkan di sebuah toko dan restoran agar banyak pelanggan yang datang.

3 dari 16 halaman

2. Sisik Ikan - Polandia

Beberapa negara yang terletak di kawasan Eropa bagian tengah, terutama Polandia menjadikan sisik ikan sebagai makanan tradisional.

Terutama menjelang perayaan Natal tiba, kebanyakan orang Polandia akan mengambil beberapa sisik ikan ini untuk disimpan di dalam dompet mereka.

Bukan tanpa alasan, sisik ini dianggap sebagai jimat pembawa keberuntungan.

 

4 dari 16 halaman

3. Gajah - India

Kita semua tahu bahwa gajah adalah hewan bertubuh besar dan berbelalai. Di Indonesia, gajah adalah salah satu hewan favorit dan selalu dapat Anda temui jika berkunjung ke kebun binatang.

Namun, di India gajah bukan hanya hanya sekedar hewan yang dapat dilihat di kebun binatang. Bagi mereka gajah adalah simbol keberuntungan.

Selain itu, gajah juga simbol dari kekuatan, stabilitas dan kebijaksanaan.

 

5 dari 16 halaman

4. Hamsa - Israel

Dalam bahasa Arab, Hamsa berarti angka lima yang menggambarkan 5 digit dari tiap tangan manusia. Hamsa juga dianggap sebagai jimat keberuntungan bagi warga Israel.

Benda ini ditemukan dalam rumah-rumah warga, tempat umum dan ruang kantor.

Mereka percaya dengan meletakan benda ini maka akan senantiasa beruntung dan mengusir energi-energi negatif dari diri mereka.

 

6 dari 16 halaman

5. Babi - Jerman

Di Jerman, babi dipandang sebagai sebuah tanda keberuntungan. Mereka juga percaya jika babi adalah simbol dari kekayaan dan kemakmuran.

Hal ini dipercaya sejak Abad Perengahan. Menaruh sesuatu hal berunsur babi diyakini akan membuat pemiliknya akan senantiasa bahagia dan tak pernah kelaparan.

 

7 dari 16 halaman

6. Dreamcatcher - Penduduk Asli Amerika

Dreamcatcher atau yang kerap disebut sebagai penangkap mimpi adalah salah satu benda yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan oleh penduduk Amerika asli.

Dreamcatcher berbentuk oval kemudian ada jaring-jaring di bagian tengah. Selain itu ada pula bulu-bulu uang bergantungan di bawahnya.

 

8 dari 16 halaman

7. Kelelawar Merah - China

Di China, kelelawar merah dianggap dapat menangkal kejahatan dan sering dipakai sebagai benda keberuntungan.

Lima kelelawar merah pun juga sering digambarkan sebagai lima simbol keberuntungan mulai dari kesehatan, umur panjang, cinta, kekayaan dan kebajikan.

 

9 dari 16 halaman

8. Figa - Brasil

Figa adalah sebuah simbol kepalan tangan manusia yang dipercaya dapat menangkal energi negatif dan membawa keberuntungan.

Keberuntungan akan menyertai siapa saja yang membawa simbol ini. Tak hanya itu, pesona Anda juga konon meningkat dibuatnya.

 

10 dari 16 halaman

9. Kumbang Scarab - Mesir

Kumbang jenis scarab dianggap benda suci dan menjadi jimat dan aksesoris perhiasan bagi masyarakat Mesir sejak zaman kuno.

Jika dalam kehidupan saat ini, kumbang Scarab bukan makhluk mitos. Kumbang ini masih ada dan tergolong sebagai kumbang kotoran.

 

11 dari 16 halaman

10. Nazar - Turki

Nazar adalah sebuah benda berbentuk lingkaran mata dan berwarna biru. Benda paling terkenal sejagad Turki ini diyakini dapat mengusir roh-roh jahat.

Benda ini dibuat secara manual oleh warga dan keberadaannya tak hanya dapat ditemukan di Turki, melainkan di sejumlah negara termasuk Armenia, Romania, Albania, Iran dan Afghanistan.

 

12 dari 16 halaman

11. Kuda Dala - Swedia

Jika berkunjung ke Swedia dapat dipastikan Anda akan menemui kuda dala dalam segala bentuk.

Benda ini bisa jadi gantungan kunci maupun aksesoris dan hiasan. Dala diambil dari sebuah wilayah bernama Dalarna di Swedia.

Kuda dala jadi simbol kekuatan, kesetiaan, kebijaksanaan dan martabat.

 

13 dari 16 halaman

12. Biji Acorns - Inggris

Di Inggris, biji acorns adalah simbol dari spriritualitas dan kemakmuran. Dan juga, biji acorns dianggap sebagai simbol keberuntungan.

Biji acorns akan lepas sendiri dari cangkangnya apabila sudah matang. Bewarna coklat dan berbentuk unik.

 

14 dari 16 halaman

13. Boneka Worry - Guatemala

Boneka Worry adalah benda yang berasal dari Guatemala. Boneka ini sudah sangat melekat di hati warga Guatemala.

Sebab, menurut cerita rakyat, orang-orang yang tak bisa tidur dapat memeluk boneka ini sewaktu tidur.

Boneka ini dipercaya dapat membuang segala bentuk kekhawatiran dan membuat seseorang dapat tidur dengan nyenyak.

 

15 dari 16 halaman

14. Tumi - Peru

Di Peru ada juga benda pembawa kebertungan bernama tumi. Jika Anda menggantuk hiasan tumi ini di dinding rumah maka dipercaya akan membawa keberuntungan.

Benda ini biasanya dibuat dari bahan perunggu, perak, emas hingga perunggu. Tumi telah digunakan sebagai benda ritual sejak zaman dahulu.

 

16 dari 16 halaman

15. Lumba-Lumba - Roma (Italia)

Di Roma, ibu kota Italia banyak yang percaya jika lumba-lumba adalah simbol dari keberuntungan.

Hewan yang satu ini juga dianggap sebagai benda untuk melindungi diri dari berbagai hal.

Jimat lumba-lumba ini tak mesti berupa hewan utuh. Namun bisa berbentuk aksesoris dan benda lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini