Sukses

Insinyur Bosnia Ciptakan Mobil Listrik yang Bisa Dilipat

Liputan6.com, Sarajevo - Seorang insinyur asal Bosnia tampaknya telah menemukan jawaban bagaimana mengatasi masalah tempat parkir mobil yang susah dicari dan mahal.

Lewat inovasinya, pria ini membuat rancangan kendaraan yang kemudian bisa dilipat.

Elvis Gero seorang insinyur mesin Bosnia yang menciptakan sebuah mobil listrik bernama "Go City". Kendaraan ini dibuat sedemikian rupa sehingga bila tidak dipakai bisa dilipat menjadi sebuah koper. Demikian dikutip dari laman AustralianPlus Indonesia, Jumat (5/2/2018).

Kendaraan ini dibuat mirip seperti sepeda lipat yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat.

"Banyak di antara kita tinggal di jalan yang sempit, di kota-kota besar di mana tidak banyak ruang kosong. Jadi kapan saja kita bisa membawa kendaraan kita keluar. Kita tidak memerlukan garasi, mobil ini bisa diparkir di dalam rumah." kata Cero.

Pria Bosnia itu mengatakan, proses melipat dan membuka kendaraan ini tidak lebih dari tiga menit.

"Kita bisa membawa kendaraan ini keluar, mengendarainya ke stasiun bus, melipat lagi, naik bus, tram atau kereta, dan kemudian melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir," jelas Cero.

Kendaraan ini memiliki roda seukuran sepeda, yang dibuat dari aluminium yang sangat ringan dan bisa membawa pengendara sampai seberat 100 kilogram.

Baterai dalam kendaraan ini bisa digunakan sampai selama lima jam.

"Ide ini sudah ada di kepala saya sudah lama, namun saya memutuskan membuat ketika saya mengunjungi sanak famili di Jerman." ujar Cero.

"Saya melihat orang naik sepeda dalam berbagai kondisi cuaca, hujan, salju, panas dan angin. Jadi saya berpkir, saya harus mewujudkan ide membuat sebuah kendaraan seperti ini," tambah pria Bosnia itu.

 

1 dari 2 halaman

Perlu Riset

Untuk membuat kendaraan ini jadi nyata, Cero kemudian mengembangkan model 3D di waktu luangnya selama dua tahun.

Perusahaan tempatnya bekerja bernama Mostar membiayai model kendaraan tersebut yang dibuat menggunakan bahan yang paling murah dan paling praktis yaitu alumninium dan baja.

Perusahaan ini juga merencanakan untuk membuat kendaraan dalam jumlah besar di masa depan.

Cero memperkirakan harga kendaraan ini adalah sekitar 14 ribu dolar Australia atau setara dengan Rp 140 juta -- tergantung kualitas aluminium yang ada. Harga kendaraan ini hampir sama dengan sebuah 'scooter' yang bisa digunakan untuk lansia.

"Kami menunjukkan bahwa sangat dimungkinkan membuat kendaraan yang bisa dilipat dengan mudah, membuatnya 10 kali lebih kecil, dan dalam waktu bersamaan bisa digunakan," katanya.