Sukses

NASA Temukan 8 Planet yang Mirip Sistem Tata Surya Kita

Liputan6.com, Austin -- NASA menemukan sebuah bintang yang dikelilingi oleh delapan planet, mirip dengan tata surya kita. Itu menjadi sistem planet terbesar di luar tata surya kita yang pernah ditemukan, setidaknya hingga saat ini.

Bintang yang menjadi pusat sistem itu adalah Kepler-90, yang sedikit lebih panas dan besar dibanding pusat tata surya kita, Matahari. Sebelumnya, para astronom telah mengetahui bahwa Kepler-90 dikelilingi oleh tujuh planet.

"Ini membuat Kepler-90 menjadi bintang pertama yang menjadi induk banyak planet seperti tata surya kita," ujar insinyur perangkat lunak di Google, Christopher Shallue, yang juga berkontribusi terhadap penemuan.

Dikutip dari BBC, Jumat (15/12/2107), para insinyur di Google menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence bernama machine learning, yang diprogram untuk menemukan planet-planet yang luput dari sejumlah pengamatan sebelumnya.

Machine learning juga menemukan planet seukuran Bumi lain yang disebut Kepler 80g, yang mengelilingi bintang berbeda.

Dalam skala besar, penemuan tata surya baru tersebut didasarkan pada data pengamatan yang dilakukan oleh Teleskop Kepler milik NASA.

 

1 dari 2 halaman

Kepler 90-i, Planet Kedelapan

Astronom memperkirakan bahwa sistem itu terususun dalam urutan yang serupa dengan tata surya kita.

"Sistem bintang Kepler-90 merupakan versi mini dari Tata Surya kita. Planet-planet kecil ada di dalam, dan planet-planet besar ada di luar, namun semuanya berjarak berdekatan," ujar tim peneliti dari University of Texas di Austin, Andrew Vanderburg.

Untuk menggambarkan seberapa dekat jarak antar planet, jarak planet terluar di tata surya itu dengan bintang induknya sama dengan jarak Bumi ke Matahari.

Planet kedelapan yang mengorbit Kepler-90, berukuran cukup kecil sehingga memungkinkannya tersusun atas bebatuan layaknya Bumi.

Planet baru yang dijuluki Kepler-90i itu, menyelesaikan satu kali orbit setiap 14,4 hari. Ia diperkirakan memiliki suhu permukaan yang panas, yakni sekitar 425 derajat Celcius.

Dalam beberapa dekade terakhir, ilmuwan telah menemukan 3.500 exoplanet -- planet di luar tata surya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
NASA: Bumi Bisa Panas bak Neraka dan Tak Bisa Dihuni Seperti Planet Venus
Artikel Selanjutnya
Terkuak, Ini Asal-usul Dua Satelit Alami Planet Mars