Sukses

13-9-1980: 24 Hari Raib, Beruang Pemain Film James Bond Ditemukan

Beruang bernama Hercules membintangi beberapa acara anak dan film terkenal, termasuk James Bond.

Liputan6.com, Edinburgh - Beruang bernama Hercules merupakan bintang film besar di masanya. Dia selalu hadir di hampir semua acara anak-anak yang ditayangkan televisi, Benua Amerika sampai Eropa.

Bukan cuma itu, Herculas juga pernah bermain di beberapa film. Salah satunya di dalam film 007 James Bond, Octopussy-- di mana ia berbagi peran bersama aktor terkenal Roger Moore.

Tidak cuma film, Hercules tampil di sampul majalah terkenal dunia Time untuk mempromosikan kontes Miss World.

Hercules juga diberi gelar 'Personality of the Year' oleh Badan Pariwisata Skotlandia. Sebuah telegram juga pernah diterima beruang itu, pengirimnya adalah Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan. Suatu hari hewan itu juga bertemu langsung dengan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher yang bergelar 'Iron Lady'.

Namun, kejadian buruk menimpa Hercules. Ketika binatang tersebut tengah diambil gambarnya untuk kebutuhan film dokumenter dari Disney yang akan ditayangkan di Kleenex Tv, tiba-tiba ia terjatuh dari sebuah tebing lalu hilang.

Hercules diketahui hilang di kepulauan Skotlandia tepatnya di wilayah Benbecula. Hilangnya binatang tersebut, segera direspons pemerintah setempat.

Ratusan relawan dikerahkan demi mencari Hercules. Setelah 24 hari melakukan penyisiran akhirnya binatang setinggi 2,54 meter ini ditemukan.

Mereka melihat Hercules sedang asyik berenang di sebuah danau dekat tempatnya raib. Ketika hewan itu nampak, segera para relawan menembakkan dart tranquiliser atau panah yang mengandung obat penenang -- yang ditembakkan dari helikopter.

Hal itu dilakukan demi melumpuhkan Hercules. Usai efek obat bekerja, Hercules langsung dibawa, terbungkus jaring, menggunakan helikopter. Ia kemudian dikembalikan ke pemiliknya yang juga seorang pengulat, Andy Robin.

Saat tiba ditujuan, Hercules diberi obat penawar obat penenang, untuk mencegahnya koma. Kemudian, hewan itu dipijat hingga tersadar. Ratusan wartawan dari seluruh dunia berkerumun di luar kandangnya kala itu.

Penyelamatan Hercules disambut sukacita oleh Robin. Dia mengaku sampai tak bisa berkata-kata lagi.

"Ini peristiwa yang sangat luar biasa, bukan cuma buat saya, Hercules telah membawa kesenangan bagi banyak orang," sebut Robin seperti dikutip dari BBC, Selasa (13/9/2016).

Hercules memang berhasil diselamatkan. Namun, insiden tersebut merubah hidup dan kariernya.

Berat badan beruang tersebut merosot sampai 127 kilogram. Kesehatannya pun terus menurun sampai akhirnya mati pada tahun 2000 lalu.

Sementara itu, di ruang dan waktu yang berbeda, pada 13 September 2000, sebuah bom meledak di lantai parkir Bursa Efek Jakarta dan menewaskan 15 orang.

Pada tanggal yang sama tahun 1985, permainan video Super Mario Bros dirilis perdana oleh Nintendo. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini