Sukses

Kesamaan Ahok dan Sadiq Khan di Mata Dubes Inggris

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, membandingkan Ahok dan Wali kota Inggris, Sadiq Khan.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik angkat bicara terkait terpilihnya, Sadiq Khan jadi Walikota baru di London. Sadiq merupakan wali kota muslim pertama di kota tersebut.

Menurutnya, Sadiq dan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok punya kesamaan. Hal itu terlihat dari mana kedua orang itu berasal.

Moazzam melihat Sadiq dan Ahok berasal dari kelompok minoritas di negaranya masing-masing. Meski berasal dari kelompok kecil, tapi kedua orang itu berhasil menjadi pemimpin di daerah masing-masing.

"Saya pikir, sebagai pemimpin yang berasal dari komunitas minoritas, Pak Ahok dan Sadiq khan punya kesamaan," jelas Moazzam di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dengan adanya kesamaan itu, Moazzam berharap ada kesempatan agar dua orang tersebut berkomunikasi secara langsung. Komunikasi itu diharapkan akan berkembang menjadi suatu kerjasama kongkret.

"Saya pikir ke depan ada kesempatan (Ahok dan Sadiq) untuk kerjasama," tuturnya.

Dari hasil pemungutan suara Kamis 5 Mei 2016 waktu setempat, politikus Partai Buruh Sadiq Khan diketahui meraih 44,2 persen suara. Sementara saingan terdekatnya Zac Goldsmith dari Partai Konservatif meraih 35 persen suara.

Wali kota Sadiq menang 994,614 suara dan berhasil mengalahkan si taipan yang memperoleh 310,143 suara.

"Aku tidak pernah membayangkan orang sepertiku bisa terpilih sebagai Wali Kota London," ucap Khan dalam pidato kemenangannya seperti dikutip dari BBC.

Pada kesempatan itu, ia berjanji untuk menjadi wali kota untuk semua warga London.

"Aku sangat bangga warga London memilih harapan daripada ketakutan. Ketakutan dalam politik tidak diterima di kota kami," imbuh Khan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.