Sukses

Hermes Hingga Nutella, 10 Merek Ini Sering Salah Diucapkan

Salah ucap ini bisa membawa perselisihan dengan orang lain. Penyebutan merek mahal secara keliru bahkan bisa menjadi bahan pergunjingan.

Liputan6.com, London - Ada sejumlah merek terkenal dunia yang seringkali salah kita ucapkan. Salah ucap ini bisa membawa perselisihan dengan orang lain. Penyebutan merek mahal secara keliru bahkan bisa menjadi bahan pergunjingan.

Laman ‘Made by Oomph’ di Inggris memuat daftar 30 merek terkenal yang sering diucapkan secara salah. Tentu saja nama-nama dalam daftar sudah sering didengar, antara lain Nike, Nutella, dan Porsche. 

Dikutip dari laman News.com.au pada sabtu (30/4/2016), ada 10 merek dalam daftar yang terkenal di Australia.

Namun demikian, nama-nama itu juga relevan dalam konteks Indonesia. Berikut ini adalah 10 nama merek paling sering salah diucapkan -- yang beberapa telah disesuaikan dengan pelafalan Bahasa Indonesia:

1. Nutella

Adalah merek cokelat ulasan yang nikmat dan susah ditolak, tapi Nuttela termasuk salah satu merek yang paling salah diucapkan. Seringkali terdengar berbunyi ‘nu-tel-a’, padahal bunyinya ‘nyu-tel-a’.

2. Ikea

Salah ucap ini bisa membawa perselisihan dengan orang lain. Penyebutan merek mahal secara salah bahkan bisa menjadi bahan pergunjingan. (Sumber Forbes)

Orang-orang sampai rela berjejal mencari parkir ketika pergi ke toko perabot ini pada akhir pekan, tapi sepertinya kita masih gelagapan melakukan penyebutan nama Swedia ini. Jangan katakan ‘Ay-ki-a’, melainkan ‘I-ki-a’.

3. Porsche

Penyanyi rap Nelly menyebutkannya dengan tepat dalam lagu ‘Hey Porsche’. Bunyinya bukan ‘porsh’, melainkan ‘por-she’.

4. Hyundai

Merek Korea Selatan ini semakin berkibar, tapi masih banyak yang salahmenyebutkannya dengan benar. Merek ini dibunyikan ‘han-dey’, bukan ‘hi-un-day’.

5. Nike

Sejumlah bintang dunia olahraga mulai dari Michael Jordan hingga Kobe Bryant dan Christiano Ronaldo menempatkan nama mereka pada mereka produk olahraga AS ini.

Apakah mereka mengucapkannya dengan benar? Ucapannya bukan ‘nayk’, melainkan ‘nay-ki’. Namanya berasal dari dewi kemenangan dalam mitologi Yunani Kuno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Melafalkan Hermes

6. Moschino

Miley Cyrus, Rita Ora dan Ariana Grand adalah penggemar merek mewah Italia ini. Semoga mereka mengucapkannya ‘moss-ki-no’, bukan salah kaprah sebagai ‘moss-chi-no’.

7. Hermes

Salah ucap ini bisa membawa perselisihan dengan orang lain. Penyebutan merek mahal secara salah bahkan bisa menjadi bahan pergunjingan. (Sumber whatgoesaroundnyc.com)

Kalau sama sekali tidak mengerti bahasa Prancis, ini jadi awal pembelajaran. Hilangkan huruh ‘h’ di awalan. Merek papan atas ini diucapkan ‘er-mεz’, bukannya ‘her-miz’.

8. Jean Paul Gaultier

Nah, yang ini memang membuat mulut belepotan. Anda dimaafkan kalau sampai salah mengucapkannya. Nam perancang Prancis ini diucapkan ‘zhon paul go-ti-ε’, bukan seperti sering terdengar ‘jin paul gol-ti-εr.’

9. Volkswagen

Merek ini sudah beredar sejak tahun 1937, tapi masih ada saja yang salah menyebutkan merek Jerman ini secara benar. Seharusnya Volkswagen diucapkan sebagai ‘vo-ks var-gan’ dan bukannya ‘voks wag-en.’

10. Adobe

Nah, para pencinta komputer pun menyebutkan secara salah. Bunyinya bukan ‘a-doub’, melainkan ‘a-do-bi’.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini