Sukses

Pria Anggap Hal Ini Paling Menarik dari Wajah Wanita

Ternyata wajah perempuan seperti ini yang paling menarik di mata pria

Liputan6.com, Canberra - Ada satu pertanyaan yang hingga saat ini menjadi perdebatan, yaitu mengapa pria dapat menyukai wanita yang kita sukai?

Salah satu teori menjawab bahwa wanita tersebut termasuk ke dalam tipe si pria, seperti memiliki bentuk mata, bibir, dan dagu yang sesuai dengan kriteria.

Faktanya, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa yang membuat wanita menarik bukan sebatas satu fitur wajah saja, tetapi bagaimana "sederhana" keseluruhan wanita tersebut. 

Hal itu disebabkan, semakin sederhana wajah wanita, maka proses kognitif akan semakin mudah, sehingga lebih enak untuk dipandang. Lalu apa yang dimaksud dengan sederhana?

Sebuah penelitian meminta 169 pria dari Prancis selatan untuk mengurutkan dua daftar wajah wanita yang diurutkan secara acak. Mereka harus mengurutkannya dari yang paling menarik sampai yang kurang menarik.

Dari studi tersebut terlihat bahwa pria cenderung menilai dari usia, kekasaran kulit, dan simetri wajah. Seperti yang dikutip dari Mirror, Rabu (30/3/2016), mereka akan memilih wanita yang mempunyai wajah paling simetris.

Jika dikaitkan dengan kinerja otak, wajah yang simetris dan lebih polos tanpa adanya fitur penganggu paling mudah untuk diproses di korteks visual. Tak mengherankan jika pria menganggap wanita dengan kriteria tersebut menarik.

Seorang profesor bernama Bill von Hippel, mengaitkan hal tersebut dengan menariknya emoticon dan beberapa logo untuk dilihat.

"Hal tersebut (simetris dan sederhana) adalah alasan mengapa logo yang tersebar di mana-mana lebih diminati. Kita melihat Nike atau Coke dan hal tersebut diproses secara mudah karena kepopulerannya dan membuatnya menjadi lebih positif," ujarnya kepada News AU.

Ia juga menambahkan, "Pikirkan tentang emoticon, ada titik dua dan garis lengkung, semua orang langsung menebak bahwa hal tersebut merupakan sebuah senyuman. Polos, familiar, dan mudah untuk dipahami."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini