Sukses

Top 3: Isu Hoax Panas Ekstrem Landa Indonesia Bikin Resah Warga

Dalam pesan tersebut dikatakan adanya ancaman panas bersuhu esktrem yang dapat menyebabkan dehidrasi hingga heat stroke.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia baru-baru ini dibuat resah dengan sebuah pesan berantai tentang fenomena ekuinoks. Dalam pesan tersebut dikatakan adanya ancaman panas bersuhu esktrem yang dapat menyebabkan dehidrasi hingga heat stroke.

Saat itu terjadi, matahari akan berada tepat di atas kepala pada tengah hari dan akan berlangsung selama 2 kali dalam setahun, yaitu pada 21 Maret dan 23 September.

Artikel tentang serangan panas bersuhu ekstrem melanda Indonesia ini menjadi terpopuler di kanal Global edisi Sabtu (19/3/2016) dan menarik perhatian pembaca Liputan6.com.

2 berita lainnya yang tak kalah menarik perhatian adalah perempuan yang mendadak menghilang saat tengah siaran langsung dan ramalan The Simpson bahwa Donald Trump bakal jadi Presiden Amerika Serikat.

Top 3 Global selengkapnya:

1. Isu Panas Ekstrem 40 Derajat Celsius, Ini Penjelasan Ilmiah BMKG

Fenomena Ekuinoks (Foto: BMKG).

Isu tentang akan adanya fenomena ekuinoks langsung ditangkis oleh BMKG. Mereka mengatakan pesan itu tidak benar atau hoax.

Deputi Bidang Meteorlogi BMKG, Yunus Subagyo menanggapi pesan berantai yang menyatakan bahwa ekuinoks dapat menyebabkan serangan panas.

"Bisa saja ada hubungan heat stroke dengan ekuinoks. Tapi hanya pada wilayah tertentu."

"Di Indonesia tidak akan terjadi heat stroke gelombang panas seperti di India, Afrika, dan tempat lainnya. Hal itu disebabkan tidak tersedia massa udara panas besar yang melalui wilayah kita," tambahnya.

Selengkapnya...

2.  Misteri Perempuan yang Mendadak Hilang di Tengah Siaran Langsung

Seorang wanita yang menghilang di latar belakang sebuah wawancara buat netizen heboh. (dailymail)

Belum lama ini dunia maya kembali dibikin heboh dengan menghilangnya seorang wanita di tengah siaran langsung sebuah stasiun televisi di Bandara Copenhagen.

Meski video tersebut hanya berdurasi 13 detik, rekaman itu berhasil menyedot perhatian lebih dari 3 juta netizen.

Dalam rekaman tersebut memperlihatkan pria sedang diwawancara, dengan seorang wanita membawa troli yang mengobrol dengan temannya di latar belakang kemudian beredar. Namun ketika selesai mengobrol, wanita itu tiba-tiba menghilang.

Selengkapnya..

3. 16 Tahun Lalu The Simpsons 'Ramalkan' Donald Trump Presiden AS

Cuplikan The Simpsons pada Juli 2015, beberapa saat setelah Trump calonkan diri (Webgrab)

 


Peluang Donald Trump untuk memenangi pencalonannya dirinya sebagai orang nomor satu di AS terlihat cukup besar. 

Konglomerat real estat itu bahkan disebut-sebut bakal menjadi 10 besar ancaman dunia, berdasarkan laporan dari Economist Intelligence Unit (EIU).

Melihat semakin banyaknya dukungan dari warga AS kepadanya, sebuah episode dalam serial film kartun The Simpsons pernah meramalkan bahwa di masa depan Donald Trump jadi presiden AS.

Episode itu diputar tepat 16 tahun lalu pada 19 Maret 2000. Bart diperlihatkan masa depannya yang kelam -- makan permen dan minum bir dengan perut buncit. Sementara Lisa, sang adik menjadi Presiden AS menggantikan Trump.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini