Sukses

Aksi Barista Penyandang Autisme 'Menari' Bikin Haru Netizen

Kesuksesan Sam tidak terjadi dalam semalam. Butuh berjam-jam bagi Chris sang manajer untuk membuat pria itu sepiawai sekarang.

Liputan6.com, Toronto - Seorang barista atau peracik kopi bekerja sambil menari adalah hal biasa. Namun, akan istimewa jika ia adalah penyandang autisme.

Barista itu bernama Sam. Seperti halnya penyandang autisme lainnya, remaja itu mempunyai masalah dengan pergerakan.

Seperti, tiba-tiba ia bisa saja bergerak dengan aneh serta tidak punya kemampuan untuk berada atau berdiri di satu tempat dalam waktu tertentu.

Namun, seorang manajer Starbuck bernama Chris percaya bahwa Sam bisa melakukan sesuatu. Ia menawarkan posisi meracik kopi.

Sam mengaku kepada orangtuanya bahwa untuk pertama kalinya hidupnya merasa berarti.

Aksi Sam terekam oleh seorang pengunjung dan mempostingnya di Facebook pada Minggu 25 Januari. Ia pun terkenal menjadi Barista 'penari' di jagat maya.

Kesuksesan Sam tidak terjadi dalam semalam. Butuh berjam-jam bagi Chris sang manajer untuk membuat pria itu sepiawai sekarang.

Namun, berkat kesabarannya, Sam pun bisa melakukan sesuatu yang sukar bagi penyandang autis: konsentrasi.

Rekaman itu menjadi viral berkat seorang pengacara bagi penyandang autisme di Kanada, Carly Fleischmann--yang juga seorang autis.

"Ulang tahunku empat hari lagi dan harapanku cuma satu: video ini viral di dunia maya. Semakin banyak orang macam Sam semakin banyak kesempatan penderita autisme mendapat kesempatan di masyarakat dan orang macam Sam bisa pamer kepiawaiannya menari," tulis Fleischmann dalam Facebook nya seperti dilansir dari attn.com, Senin (25/1/2016)

Salah seorang akun Facebook berkomentar di status Fleischmann, "Aku suka cerita ini! Lewat pengertian dan penerimaan, keajaiban terjadi. Aku ingin belanja di mana seorang di belakang meja bahagia dan menari. Kisah Sam dan aksinya memberi harapan kepada kami para orangtua dengan anak autis untuk diterima di masyarakat."

Komentar-komentar lainnya pun senada. Aksi Sam jelas membuat para penontonnya terharu. 

"Ini kisah luar biasa, meski aku tak suka Starbucks, jelas, aku akan datang ke kedai Sam dan menikmati racikan kopinya."

Rekaman ini dalam 24 jam telah dilihat lebih dari 40.000 kali.

Berikut video aksi Sam 'Barista Menari' meracik pesanan kopi pelanggannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.