Sukses

Heboh Meme Skandal Miss Universe, dari Bieber Sampai Konspirasi

Dari Steve Harvey yang salah membaca nama pemenang Miss Universe 2015, muncullah berbagai meme lucu, dari Justin Bieber hingga konspirasi.

Liputan6.com, Jakarta Final Miss Universe 2015 ditutup dengan kejadian mengejutkan sekaligus canggung. Miss Colombia dinobatkan sebagai pemenang, namun, ternyata juri menyebutkan nama yang salah.

Kontes kecantikan yang digelar di Las Vegas paling ditonton di dunia berakhir dengan kejutan dan airmata, ketika Miss Colombia gagal menjadi juara satu, dan gelar tersebut jatuh ke Miss Philippines, Ariadna Gutierrez.

Miss Colombia sudah dimahkotai dan menerima bunga serta momen kemenangan di panggung. Ketika Ariadna membungkuk mengucapkan terima kasih pada kawan-kawan seperjuangannya di panggung, Steve Harvey, pembaca acara mengatakan: "Saya harus minta maaf" disambut teriakan riuh rendah dari penonton.

"Runner-up pertama adalah Colombia," ungkap Harvey. Dengan kata lain, Miss Colombia bukan juara pertama, melainkan juara kedua.

Kesalahan penyebutan nama ini sontak membuat Steve Harvey dihujat oleh penonton pagelaran kecantikan itu dan netizen. Selain mencacinya, muncul berbagai meme lucu yang meledek, bahkan menghujat Harvey.

Seperti meme yang menampilkan gambar Miss Colombia diangkat mahkotanya dan diberi kutipan: "Steve Harvey, kau punya satu pekerjaan." Meme yang mereferensikan orang-orang yang membuat kesalahan dalam tugas mereka.

Meme Steve Harvey yang diunggah akun instagram Justin Bieber. (foto: Instagram/justinbieber)

Lebih menarik lagi, bukan hanya netizen yang menghujat dan meledek Harvey saat salah membacakan nama pemenang. Dari kalangan sesama figur publik, penyanyi idola remaja Justin Bieber mengunggah meme di akun Instagram-nya.

Dilaporkan Seventeen, Selasa (22/12/2015), ia mengunggah foto dirinya, dengan wajahnya diganti tempelan wajah Harvey. Ditambahkan dengan petikan lagu barunya yang berjudul 'Sorry', mengacu pada Harvey yang dimohon meminta maaf atas kesalahannya oleh publik.

"Is it too late now to say sorry?" --apakah terlambat untuk saya meminta maaf, begitu kutipan di atas meme yang diunggah ulang Bieber di akun instagramnya, ditambahkan komentar, "sungguh sedih, namun ini terlalu lucu untuk tidak di-post. Tak ada maksud tak menghormati."

Meme Steve Harvey. (foto: 9Gag)

Dari 9Gag, muncul meme yang merupakan tingkatan lebih tinggi dari meme. Sebelumnya, wajah Steve Harvey membelalakkan mata di acara "And The Survey Says" sudah menjadi meme, namun, terlebih lagi saat itu menjadi meme terkait kesalahannya di ajang Miss Universe ini.

Meme 'teori konspirasi Keanu Reeves' terkait Steve Harvey. (foto: Twitter/animals_advice)

Meme terkait konspirasi Miss Universe 2015 pun muncul. Diunggah akun Twitter animals_advice, muncul meme konspirasi teori' yang berbunyi : "Bagaimana jika mereka sengaja memberi Steve Harvey kartu pengumuman yang sulit dibaca, sehingga orang-orang akan membicarakan kontes kecantikan Miss Universe"?

Meme Steve Harvey yang turut sindir aktor Leonardo DiCaprio. (foto: Twitter/mauricionarine)

Sedangkan, netizen lainnya menceletuk di meme: "Seharusnya Steve Harvey menjadi pembawa acara penghargaan piala Oscar, supaya Leonardo DiCaprio bisa menang".

Meme tersebut mereferensikan bagaimana Leonardo DiCaprio kerap menjadi nominasi Oscar, namun tak pernah menang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini