Sukses

Rumah 'Kartun Up' di Australia Terjual Rp 13 Miliar

Liputan6.com, Queensland - Untuk pertama kalinya dalam kurun waktu hampir 1 abad. Rumah unik yang dijuluki Brisbane 'Up' -- kediaman mirip dalam film animasi Pixar berjudul Up -- terjual dan berpindah tangan.

Sebuah pondok sederhana di Queensland itu benar-benar mirip dalam film kartun Up, posisinya terhimpit dengan bangunan besar di kanan kirinya.

Kabar gembiranya, menurut agen penjual Chris Kazonis dari Drakos Real Estate, bangunan 'mini' itu tak akan dihancurkan dalam waktu dekat.

"Bangunan itu dibeli oleh investor luar kota dan saya pikir mereka akan menjadikannya tempat tinggal," kata Kazonis seperti dikutip dari News.com.au, Sabtu (21/11/2015).

"Saya pikir mereka akan tinggal di sana untuk sementara," imbuh Kazonis.

Lelang rumah unik Up yang digelar Jumat 20 November itu menarik kerumunan penonton dan juru kamera. Tapi yang paling penting bagi Janet Richards si pemilik rumah, adalah jumlah penawar yang serius membeli.

"Dia cukup gugup sebelum hari besar pelelangan itu, tapi kami memiliki hasil yang benar-benar menyenangkan. Ada 12 peserta tender yang terdaftar. Saya perkirakan tadinya ada 6, tapi ternyata ada 12," papar Kazonis.

Rumah 3 kamar di Mollison St yang terjepit antara sebuah kompleks perbelanjaan -- sebuah supermarket Coles dan 25 toko -- dijual seharga 1,4 juta dolar Australia.

"Dia sangat gembira, aku juga bergembira sepertinya. Dia wanita yang beruntung," tutur Kazonis.

Setelah bangunan yang ditinggalinya hampir seabad terjual, Richards mengaku akan pindah ke pinggiran utara Brisbane agar lebih dekat dengan keluarga.

Mollison St telah menjadi rumah Richard selama 6 dekade, sejak menikah dengan almarhum suaminya Norman.

15 tahun yang lalu Norman dan Janet Richards menolak untuk menjual rumahnya ketika ditawar oleh pengembang. Meski mereka ditawari harga yang cukup tinggi. Namun kini, tempat kenangan itu diikhlaskan untuk dimiliki orang lain, dengan harga lebih dari pasaran -- biasanya 1 juta dolar Australia. (Tnt/Yus)