Sukses

Gitar John Lennon Laku Terjual Rp 32 Miliar

Lennon menggunakan gitar Gibson J-160E untuk merekam dan menggubah beberapa lagu populer, seperti 'Love Me Do'.

Liputan6.com, London - Sebuah gitar akustik yang pernah dimainkan salah seorang pentolan The Beatles, John Lennon, terjual lewat lelang di California senilai US$ 2,4 juta atau sekitar Rp 32 miliar.

Lennon menggunakan gitar Gibson J-160E untuk merekam dan menggubah beberapa lagu populer, seperti Love Me Do dan I Want to Hold Your Hand.

Gitar yang digunakan Lennon merupakan satu dari dua jenis gitar tersebut yang dikirim dari Amerika Serikat ke Inggris pada 1962 untuk digunakan John Lennon dan George Harrison.

Lennon menggunakan gitar itu selama sekitar satu tahun sebelum memberikannya pada Harrison tahun 1963. Setelahnya, gitar itu menghilang entah ke mana.

Selama lebih dari 50 tahun, seperti dilansir dari BBC, Senin (9/11/2015), keberadaan gitar tersebut tidak diketahui sampai seorang pria di California pada tahun lalu menemukan bahwa gitar miliknya mungkin punya nilai sejarah yang tinggi.

Beberapa media menyebut pria itu adalah John McCaw dari San Diego. Pria ini membeli gitar bersejarah tersebut seharga US$ 275 pada akhir 1960-an.

Tahun lalu McCaw menemukan sebuah majalah dengan tulisan tentang George Harrison.  Ia juga melihat foto yang memperlihatkan gitar tersebut. Ia kemudian berkonsultasi dengan seorang ahli instrumen The Beatles, Andy Babiuk, yang mengidentifikasi gitar itu milik John Lennon setelah membandingkannya dengan beberapa foto.

(Tnt)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini