Sukses

Iklan Jual-Beli Organ Tubuh Manusia Muncul di eBay

Iklan jual-beli organ tubuh manusia muncul di eBay, namun pihak eBay telah menurunkan iklan tersebut karena melanggar hukum.

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini, muncul iklan mengejutkan di sebuah situs berbelanja online eBay berupa penjualan organ tubuh manusia.

Dilansir dari mirror.co.uk, beberapa organ seperti tengkorak dan tulang manusia dijual dengan harga puluhan juta diperkirakan berasal dari bayi yang meninggal dunia akibat keguguran.

Organ tubuh yang dijual berjumlah sekitar 40 bagian, dijual dengan harga yang bervariasi mulai dari 380 pound (Rp 8,2 juta) hingga kerangka janin yang dijual 4.000 pound (Rp 86 juta).

Pemasang iklan yang berbasis di Amerika, Tiongkok, dan India itu memperlihatkan organ tersebut diantara perlengkapan-perlengkapan lain yang dijual seperti DVD Disney, perlengkapan gym, atau pakaian.

Semanara itu eBay sudah melarang jual-beli organ tubuh manusia, namun disamping itu ada pengecualian yang memperbolehkan anggota untuk menjual kulit kepala, tengkorak, dan kerangka untuk keperluan medis. Saat dikonfirmasi oleh laman Mirror, eBay berjanji akan segera menghapus iklan mengerikan tersebut. Tak beberapa lama setelah kabar ini beredar, iklan penjualan organ tubuh manusia sudah diturunkan oleh pihak eBay.

Seorang juru bicara Mirror mengatakan, "Di Inggris, eBay melarang penjualan kerangka manusia, tengkorak, dan tulang, meskipun untuk keperluan medis atau bukan."

Penjualan organ tubuh manusia di Inggris memang sudah dilarang tanpa alasan apapun. Bahkan hal ini terdapat dalam klausul undang-undang jaringan manusia atau Human Tissues Act 2004.

"Perbuatan memperjualbelikan organ tubuh manusia untuk kepentingan transplantasi melanggar hukum."  (Dsu/rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini