Sukses

7 Orang Tewas dalam Insiden Pameran Udara di Inggris

Hingga kini, korban yang dipastikan tewas berjumlah 7 orang akibat 4 mobil ditabrak oleh pesawat yang gagal bermanuver itu.

Liputan6.com, West Sussex - Penyidik kepolisian memperkirakan korban tewas akan terus bertambah akibat jatuhnya pesawat jet Hawker Hunter di Jalan Raya A27 saat pertunjukan udara Shoreham Airshow di Shoreham, West Sussex, Inggris, Sabtu 22 Agustus 2015 waktu setempat.

Hingga kini, korban yang dipastikan tewas berjumlah 7 orang akibat 4 mobil yang tengah melaju di Jalan A27 ditabrak oleh pesawat yang gagal bermanuver itu. Pilot pesawat sendiri diterbangkan ke Rumah Sakit Royal Sussex di mana dia berada dalam kondisi kritis.

"Saat ini kami terus mencari dan mengidentifikasi semua korban. Ada kemungkinan malam ini dan besok kita akan menemukan lebih banyak mayat di lokasi kejadian," petugas dari Kepolisian Sussex, Jane Derrick seperti dikutip The Guardian, Minggu (23/8/2015).

Saat ini 14 orang masih dirawat karena luka ringan. Sementara laporan yang belum dikonfirmasi mengatakan 2 pengendara sepeda juga tewas dalam kecelakaan itu.

Manuver yang Gagal

Saat kejadian, pesawat Hawker Hunter yang berkursi tunggal itu gagal untuk naik kembali ke udara setelah melakukan manuver rendah. Salah satu saksi mata mengatakan, pilot tidak bisa menaikkan pesawatnya sebelum menyentuh tanah.

Dom Lawson, yang hampir menjadi korban mengatakan bahwa dirinya mendapat keberuntungan. Dia menggambarkan bagaimana pesawat itu melewati hanya beberapa meter di atas mobilnya dengan gemuruh yang memekakkan telinga sebelum membanting ke dalam tanah dengan bola api hanya 5 atau 6 kendaraan di depan. "Rasanya seperti sesuatu yang keluar dari Die Hard," ujar dia.

Saksi lainnya, Tina Tilley, mengatakan dia melihat adegan mengerikan itu dari area VIP. "Dari mana kita berada kita bisa melihat jet turun sangat rendah. Kemudian ada api dan semua orang merasa ngeri, ada orang-orang menangis. Ini sangat menyedihkan," ujar dia.

Hawker Hunter terdaftar di pertunjukan udara Shoreham Airshow dan diterbangkan oleh mantan pilot RAF Harrier Andy "Hilz" 'Hill, yang sehari-hari adalah kapten pilot pesawat Airbus dari sebuah maskapai penerbangan besar.

Hill, yang terkenal karena keahlian aerobatic dan pertunjukan udaranya disebutkan sebagai instruktur yang sangat berpengalaman. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.