Sukses

Kubah yang Bikin Ikan Koi Gemar Mengintip

Suatu perusahaan di Belanda, menciptakan kubah tembus pandang yang mengambang di kolam supaya ikan-ikan bisa mengintip.

Liputan6.com, Enschede, Belanda - Ada-ada saja ciptaan pencinta ikan untuk menambah pengalaman hidup ikan. Suatu perusahaan di Belanda, bahkan menciptakan kubah tembus pandang yang mengambang di kolam supaya ikan-ikan bisa mengintip dari atas permukaan air.

Ketika diisi dengan air, alat ini memungkinkan ikan berenang lebih tinggi dari permukaan air di kolam dan memandang sekitarnya.

Dalam keterangan video YouTube unggahan akun Velda laat uw vijver leven, disebutkan bahwa perusahaan Velda menciptakan alat ini karena melihat kesempatan pasar untuk memenuhi kebutuhan para pencinta ikan yang hendak melihat ikan dalam kolam peliharaan.

Dengan adanya kubah tembus pandang, maka ikan dapat dipandang sebagai hewan sosial yang memerlukan interaksi lebih dari sekadar diberi makan.

Secara khusus, alat seharga Rp 2,6 juta ini dapat dipakai untuk melatih ikan koi agar diberi makan di dalam kubah, sehingga pemilik dapat sekaligus menikmati keindahan ikan tersebut.

Ikan koi adalah suatu ragam ikan mas yang dibudidayakan untuk mendapatkan warna yang menawan di Jepang sejak era 1820-an.

Istilah teknis untuk penyebutan ikan ini adalah Nishikigoi, namun lebih sering disingkat dengan koi.

Usia rata-rata ikan jenis tersebut kini mencapai 25 hingga 35 tahun, walaupun seekor ikan koi terkenal bernama Hanako dulu mencapai usia 225 tahun. (Alx/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini