Sukses

Kerennya Kantor Bawah Tanah Bekas Bunker Nuklir Perang Dingin

Ide kantor ini terinspirasi oleh film fiksi sains (Sci-Fi) yang terkenal pada tahun 70an – Silent Running.

Liputan6.com, Stockholm - Membangun ruangan ekstra untuk ruangan generator dan komputer server dalam kantor bukan hal yang mudah. Terlebih kantor itu dibangun di bawah tanah.

Seperti yang dilakukan perusahaan Bahnhof, yang membutuhkan waktu lebih dari 2 tahun mengeluarkan isi bebatuan sebanyak 3.992,7 meter kubik sebelum dijadikan kantor.

Terletak di kota Stockholm, Bahnhof ada sebuah penyedia jasa layanan internet dengan kantor paling menakjubkan di dunia. Nama Bahnhof mulai banyak diperbicangkan beberapa tahun yang lalu karena juga merupakan rumah bagi situs kontroversial Wikileaks.

bahnhof bunker data center 7

bahnhof bunker data center 16

bahnhof bunker data center 15

Ruangan bawah tanah ini memiliki julukan Pionen White Mountain yang terletak pada 30 meter di bawah tanah dan dibangun tepat di bawah bebatuan granit Vita Berg Park di Stockholm. Sebelum berubah menjadi perkantoran, tempat ini sebelumnya merupakan bunker dan pusat pengendali nuklir selama masa Perang Dingin (Cold War).

bahnhof bunker data center 9

http://www.mobgenic.com/wp-content/uploads/2013/05/bahnhof-data-center-isp-in-former-nuclear-bunker-from-cold-war-stockholm-sweden-14.jpg

bahnhof bunker data center 12

bahnhof bunker data center 2

Jon Karlung yang merupakan CEO Bahnhof memiliki ide untuk meletakkan tanaman di kantor bawah tanahnya setelah kantor selesai dibangun. Ide ini terinspirasi oleh film fiksi sains (Sci-Fi) yang terkenal pada tahun 70an – Silent Running. Maka tidaklah mengherankan jika menyaksikan ruangan kantor Bahnhof serasa berada pada film fiksi sains.

"Saat ini kantor Bahnhof memiliki total ruangan seluas 1.200 meter persegi dan hal ini telah menjadi tantangan besar bagi aristek Albert France Lanord," seperti dimuat dari Twisted Sifter. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.