Sukses

Mantan Mafia Sisilia Ingin Bertemu Paus untuk Pengakuan Dosa

Pengakuan itu diperkirakan antara lain menyangkut informasi terkait hilangnya remaja perempuan berusia 15 tahun, Emanuela Orlandi.

Liputan6.com, Roma - Vincenzo Calcara, seorang mantan penjahat mafia menulis surat kepada Paus Fransiskus, meminta diberi kesempatan pengakuan dosa menyangkut tiga rahasia yang menurutnya amat penting.

Seperti dilansir BBC, Jumat (13/6/2014), salah satu rahasia yang mau diungkapkan dalam pengampunan dosa tersebut, berupa rincian kasus terkenal menyangkut hilangnya seorang remaja di Italia.

Dalam surat sepanjang enam halaman, Calcara mengatakan bahwa dirinya yakin kalau pengakuannya akan mengubah beberapa hal tertentu, seperti dilaporkan koran La Repubblica.

Calcara merupakan anggota mafia Cosa Nostra asal Sisilia, sebelum menyeberang menjadi pentito atau informan polisi.

Kini dia meminta bertemu dengan Paus Fransiskus secara pribadi, antara lain diperkirakan menyangkut informasi terkait hilangnya remaja perempuan berusia 15 tahun, Emanuela Orlandi.

Putri dari pegawai Vatikan itu hilang di Roma pada 1983 silam. "Kebenaran dalam insiden tersebut tersembunyi selama beberapa tahun," tulis Calcara dalam suratnya.

"Karena mengungkapkannya sama seperti membuka kota dan membawa kebenaran yang amat besar, sama seperti melempar krisis ke dalam sistem yang mengaitkan Vatikan dengan entitas lain yang menyimpang," sambung Calcara.

Dalam pertemuan dengan keluarga korban mafia pada Maret lalu, Paus Fransiskus mengingatkan kepada para anggota mafia, bahwa mereka akan masuk neraka jika tidak mengaku dosa.

Pidato itu dianggap salah satu serangan Vatikan yang paling keras atas kelompok penjahat dunia yang terorganisir itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini