Sukses

Pesawat Hercules Militer India Jatuh, 5 Orang Tewas

Pesawat Hercules C-130J buatan Amerika Serikat jatuh di area terpencil di negara bagian Madhya Pradesh. Padahal masih baru.

Liputan6.com, New Delhi - Musibah udara kembali terjadi. Kali ini di India. Pesawat kargo milik Angkatan Udara India celaka, Jumat 28 Maret 2014. Akibatnya, 5 orang tewas.

Pesawat Hercules C-130J buatan Amerika Serikat jatuh di area terpencil di negara bagian Madhya Pradesh saat menjalani misi latihan rutin. Juru Bicara Angkatan Udara India, Kapten Gerard Galway mengatakan, 5 orang yang tewas adalah awak pesawat. Kementerian Pertahanan memerintahkan dilakukan investigasi penyebab kecelakaan.

Pesawat yang celaka adalah barang baru. Burung besi buatan Lockheed Martin Corp itu adalah satu dari 6 kapal terbang yang dibeli seharga US$ 962 juta pada 2011.

Insiden celaka terjadi di barat kota Gwalior setelah pesawat lepas landas sekitar pukul 10.00 waktu setempat dari Agra -- kota yang terkenal dengan monumen Taj Mahal.

Ini adalah kali pertamanya sebuah Hercules milik Angkatan Udara India celaka. Sebelumnya, armada tempur angkasa mengalami berbagai insiden dengan pesawat tempur MiG-21 buatan Rusia milik mereka.

Lebih dari separuh armada MiG -- yang total berjumlah 872 buah -- hilang atau celaka dan menyebabkan 171 pilot tewas. Demikian ujar Menteri Pertahanan A.K. Antony di depan parlemen pada 2012.

Bulan lalu, kepala angkatan laut India mengundurkan diri, sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas serangkaian kecelakaan. Pada hari ketika dua tentara tewas akibat tercekik asap di kapal selam.  (Yus Ariyanto)

Baca juga:

`Rute Sesat` Malaysia Airlines MH370

Politisi AS: Pesawat MH370 Mendarat di Indonesia dan Jadi `Rudal`

Fenomenal! Rumus Fisika Ini Kuak Misteri Malaysia Airlines MH370

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India