Sukses

Badai Bilis Terus Merangsek Pedalaman Cina

Setelah Hunan dan Guandong, badai tropis Bilis menerjang Zheijan dan Fujian. Setidaknya enam warga tewas dalam bencana alam itu. Di Korsel hujan deras disertai banjir bandang melanda kawasan pegunungan Gangwon.

Liputan6.com, Fujian: Badai tropis Bilis yang sebelumnya menerjang selatan Cina, terus bergerak ke pedalaman Cina atau Provinsi Zheijan dan Fujian, Ahad (16/7). Setidaknya enam warga tewas dalam bencana alam di dua provinsi itu. Curah hujan yang tinggi serta angin kencang akibat badai ini juga merusakkan sejumlah infrastruktur. Jumlah kerugian akibat bencana alam ini ditaksir lebih dari US$ 140 juta.

Sebelumnya badai ini menerjang Hunan dan Guandong pada Sabtu silam. Setidaknya 42 orang tewas dan 100 orang penduduk hilang di selatan Cina itu. Kantor Berita Cina Xinhua melansir jumlah kerugian materi langsung yang disebabkan badai ini mencapai lebih dari US$ 142 juta [baca: Cina Diamuk Badai Bilis, Puluhan Tewas].

Di Korea Selatan, hujan deras yang melanda kawasan pegunungan Gangwon telah memicu banjir bandang di kawasan sekitar. Luapan air Sungai Han itu juga merenggut lima korban jiwa dan 17 orang lainnya hilang. Badan meteorologi dan geofisika setempat memperkirakan bencana yang dipicu badai Bilis itu masih akan berlanjut dibagian tengah dan timur Korsel termasuk Seoul.(ZIZ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini