Sukses

3 Manfaat Timun untuk Perawatan Kulit Cantik dan Sehat

Liputan6.com, Jakarta Timun memiliki manfaat jika digunakan untuk sebagai perawatan kulit, seperti kandungan vitamin C dan asam caffeic di dalamnya yang dapat mengurangi peradangan dan iritasi. Keduanya berfungsi menghidrasi kulit karena memiliki kandungan air yang tinggi.

Kulit timun sendiri mengandung silika yang membuat kulit Anda akan terasa kenyal. Para ahli percaya bahwa orang-orang dengan jenis kulit sensitif sekalipun bisa menggunakan timun sebagai perawatan kulit mereka, seperti dilansir dari huffingtonpost.com. Penasaran apa saja manfaatnya?

1. Menenangkan mata yang bengkak

Sebagai perbaikan yang instan, tempatkan irisan timun dingin di atas mata Anda. Timun mengandung flavonoid dan antioksidan yang dapat mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan iritasi, memberikan efek pendinginan yang membantu menyusutkan pembuluh darah, sehingga mengurangi pembengkakan pada mata.

 

2 dari 3 halaman

Mengatasi kulit terbakar dan iritasi

2. Mengobati kulit terbakar matahari dan iritasi

Efek dari paparan sinar matahari terus menerus bisa sangat menyakitkan. Timun mengandung banyak nutrisi seperti air, kalium, sulfat, dan vitamin A, serta C yang bisa menenangkan kulit terbakar.

Cukup letakkan irisan timun di wajah Anda dan biarkan hingga 15 menit. Setelahnya, gunakan pelembap wajah seperti biasa.

3 dari 3 halaman

Sebagai masker wajah anti penuaan

3. Menggunakan masker wajah anti penuaan

Campurkan setengah timun yang telah ditumbuk dengan dua sendok makan yogurt, kemudian aplikasikan campuran tersebut di wajah Anda. Biarkan selama 15 menit sebelum dibersihkan dengan air hangat.

Timun mengandung vitamin C dan asam caffeic, dua antioksidan yang jika diaplikasikan pada kulit akan membantu mengatasi masalah kerutan dan kerusakan akibat sinar matahari. Sedang yogurt sendiri adalah agen pengelupas kulit yang berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati, ketika dikombinasikan dengan timun, maka akan memiliki sifat pembersihan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Harga Timun Melambung di Awal Pekan
Artikel Selanjutnya
7 Keuntungan Makan Mentimun yang Jarang Diketahui