Sukses

Kunjungan Wisata Meningkat, Tomohon International Flower Festival 2018 Siap Digelar

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki banyak kekayaan alam sehingga menjadi salah satu destinasi wisata yang dituju para wisatawan mancanegara. Selain kekayaan alam, budaya Indonesia juga menarik untuk dieksplor. Salah satunya hadir dalam event bertaraf internasional, Tomohon International Flower Festival (TIFF).

Kota Tomohon, Sulawesi Utara memiliki potensi keindahan bunga yang indah. Dalam gelaran tahunan ini, Pemerintah Tomohon bersama dengan Kementrian Pariwisata menghadirkan parade bunga dengan menggandeng sederet negara sahabat untuk ikut berpartisipasi.

Pada tahun ini TIFF akan berlangsung selama sepuluh hari dengan puncaknya pada tanggal 8 Agustus 2018. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan TIFF 2018 yang berupaya mempromosikan Tomohon yang dikenal sebagai pusat industri bunga terbesar di Indonesia kepada dunia.

Penyelenggaraan TIFF sudah memasuki tahun ke-8 dan pesertanya terus bertambah. Semakin banyak negara yang tertarik untuk mengunjungi Tomohon dan mengikuti parade bunga ini. Menpan berharap hal ini akan mendukung pariwisata kota Tomohon dari domestik hingga mancanegara. Angka pertumbuhan wisatawan ke Tomohon semakin meningkat hingga tigakali lipat.

"Saya bangga dengan angka pertumbuhan wisnus dan wisman di Sulawesi Utara. hal ini tentu tidak terpisah dari andil Tomohon dengan event tahunannya TIFF. Angka pertumbuhan wisawatan meningkat tiga kali lipat. Untuk tahun ini, ditargetkan akan mencapai 90 ribu wisman yang akan berkunjung ke Tomohon menyaksikan keindahan bunga di sini," kata Arief Yahya Menteri Pariwisata di Gedung Sapta Pesona, Senin(10/7/2018).

Untuk mencapai target ini, tentu dibutuhkan dukungan untuk kenyaman wisatawan mulai dari okomodasi hingga akses transportasi. Tomohon memiliki akses hanya 45 menit dari Bandara Sam Ratulangi Manado. Sementara untuk penginapan, kini sudah mulai dibangun hotel berbintang lima dan homestay sebagai infrastruktur pendukung kenyamanan wisatawan di Tomohon.

 

 

2 dari 3 halaman

Tomohon International Flower Festival 2018 Siap Digelar

"Tahun lalu wisman yang masuk melalui Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado melonjak hampir 100 persen dari 40 ribu menjadi 100 ribu wisman, yang didominasi turis dari Tiongkok. Ini karena banyaknya penerbangan charter dari kota-kota besar seperti Tiongkok yaitu Chengdu, Chongqing, Guangzou, Hongkong, Wuhan, Nanchang, Changsha, Macau yang Iangsung ke Bandara Sam Ratulangl,” kata Menpar Arief.

Selain meningkatkan angka pertumbuhan wisatawan, kehadiran TIFF ini secara konsisten juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tomohon. Selama event petani bunga, toko bangunan, para desainer, hingga jasa penyewa mobil mendapatkan penghasilan yang meningkat. Secaralangsung mempengaruhi tingkat perekomian masyarakat sekitar.

“Target TIFF 2018 menjadi sarana promosi serta meningkatkan ekonomi masyarakat petani dan perajin bunga. Bunga dan tananam hias merupakan bagian dari budaya masyarakat Tomohon dan menjadi daya tarik pariwisata yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Jimmy Feidie Eman Walikota Tomohon.

3 dari 3 halaman

Tomohon International Flower Festival 2018 Siap Digelar

Pada tahun ini TIFF 2018 mengusung tema Beautlful Tomohon, untuk menegaskan bahwa Tomohon sebagai kota bunga memiliki alam yang indah yang dikaruniai banyak gunung diantaranya Gunung Lokon, Empung, Tatawiran, Mahawu, Tampusu, Masarang, dan Kasuratan). Kemudian Tomohon juga memiliki keindahan danau yaitu danau Tampusu, Linow, pangolombian, Sineleyan, Panunuzaen, Linow Oki, dan Kasewean). Keindahan Tomohon semakin sempurna untuk dikunjungi dengan keberadaan air terjun yaitu Tapahan Rinokrok. Tumimperas. Regesan, Ranowawa,Tekaan Telu, Kanderawatu, dan Kinapesutan.

Rangkaian kegiatan TIFF 2018 akan terdiri dari Tournament of Flowers atau Flower Parade dan Flower Fashion Carnival yang berlangsung di Jalan Protokol Kota Tomohon pada 8 Agustus 2018. Selain itu diadakan pula pameran Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo serta Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara yang berlangsung di Panggung Pameran Stadion Babe Palar Tomohon pada 7-12 Agustus 2018.

"Pada tahun ini TIFF 2018 akan berbeda dan lebih menarik. Sejumlah bunga-bunga indah seperti bunga krisan yang merupakan kebanggaan dan khas Tomohon akan dilihat dalam event internasional ini. Sederet negara juga akan berpartisipasi, Prince dan Princess Georgia dikonfirmasi akan menghadiri TIFF 2018 di Tomohon," tutup Coreta Louise Kapoyos Ketua Panitia TIFF 2018.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Menikmati Matahari Terbenam dari Surga Tersembunyi di Ujung Pulau Jawa
Artikel Selanjutnya
Mengintip Hotel yang Ramah untuk Wisatawan Jepang di Yogyakarta