Sukses

Hati-Hati, Ini Bahaya Menggunakan Kosmetik Berbahan Ilegal

Liputan6.com, Jakarta Semakin marak kosmetik yang beredar dan mengandung bahan-bahan ilegal atau tidak teruji secara klinis. Bahan-bahan kosmetik yang tidak teruji ini tentu tidak jelas keamanannya saat Anda gunakan, terutama dalam jangka panjang.

Dalam beberapa kasus, kosmetik berbahan ilegal dapat menyebabkan iritasi pada kulit, jerawat, bahkan kanker. Menurut dr. Anestesia Tania, SpKK ZAP Beauty Clinic ada beberapa bahan ilegal yang biasanya terkandung dalam kosmetik untuk menekan biaya produksi, agar dapat dijual murah, penasaran?

1. Merkuri

Bahan ini biasanya terdapat dalam produk-produk krim dan bedak. Merkuri mengandung logam yang berbahaya, dapat menyebabkan alergi, iritasi kulit, dan flek hitam yang sulit dihilangkan.

2. Timbal

Bahan ini biasanya terdapat dalam produk-produk untuk mata dan bibir. Bahan timbal dalam kosmetik juga mengandung logam yang berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kanker kulit jika digunakan dalam jangka panjang.

 

 

2 dari 3 halaman

3. Arsen

Bahan ini biasanya terdapat dalam produk bedak dan lipstik. Arsen mengandung racun yang bisa memicu penyakit kanker kulit.

4. Rhabdomin

Bahan ini merupakan zat pewarna yang biasanya terkandung pada produk lipstik. Rhabdomin juga berpotensi menyebabkan penyakit kanker pada kulit bibir.

5. Silicon, asam lemak (isopropopil isostearate), coconut oil, dan lanolin

Semua bahan di atas bersifat komedogenik atau dapat menyumbat pori-pori kulit Anda. Menggunakan kosmetik yang mengandung bahan-bahan di atas dapat membuat kulit berjerawat dan pori-pori tersumbat.

3 dari 3 halaman

Kosmetik berbahan ilegal

Inilah pentingnya bagi Anda untuk menggunakan kosmetik dengan bahan yang aman dan telah teruji oleh BPOM, salah satunya adalah ZAP Beauty Loose Powder, bedak tabur terbaru dari ZAP. Selain memiliki kandungan bahan yang aman bagi kulit, teksturnya tidak akan membuat Anda berjerawat atau menyumbat pori-pori kulit.

ZAP Beauty Loose Powder "Healthy Glow" mengandung pearl natural mineral yang akan membuat kulit wajah tampak lebih bercahaya. Sedangkan ZAP Beauty Loose Powder "Translucent" tidak akan mengubah warna dasar makeup Anda. Sudahkah Anda menggunakan kosmetik berbahan aman?