Sukses

Tips Bersihkan Perhiasan dengan Alat Rumah Tangga

Liputan6.com, Jakarta Perhiasan Anda mulai terlihat kusam dan sudah tidak menarik lagi untuk digunakan? Coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kali Anda membersihkannya.

Tapi jangan khawatir, Anda bisa membuat perhiasan lama kembali terlihat baru. Seperti melansir dari Quick and Dirty Tips, berikut beberapa tips sederhana untuk membersihkan anting-anting emas, kalung mutiara, dan gelang perak dengan barang-barang rumah tangga yang sangat mudah ditemukan.

Baking soda menjadi bahan yang ampuh untuk membersihkan banyak benda rumah tangga. Baking soda juga efektif dan aman untuk membersihkan emas, perak, dan perhiasan imitasi.

Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa manambahkan tetesan hidrogen peroksida pada baking soda, kemudian gosokkan secara lembut pada perhiasan. Jangan lupa bilas dan keringkan dengan kain bersih. Cara ini dapat menghilangkan kotoran, debu, dan minyak tubuh sehingga perhiasan akan terlihat lebih berkilau.

Batu Permata
Untuk menjaga perhiasan Anda terlihat indah seperti saat pertama kali menggunakannya cukup mudah. Tuangkan cairan pencuci piring pada kain dan tambahkan sedikit air, kemudian gosokkan secara lembut pada perhiasan Anda.

Cara ini dapat digunakan untuk membersihkan batu rubi, zamrud, safir, dan garnet. Cara mudah lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan merendam semalaman batu permata di dalam cairan baking soda. Perhiasaan Anda akan terlihat seperti baru lagi.

Berlian
Sedangkan untuk berlian Anda dapat membersihkannya dengan cara menuangkan secangkir air pada panci, kemudian tambahkan satu sendok cairan pembersih piring, lalu masukkan berlian yang ingin dibersihkan. Panaskan panci pada kompor dan tunggu hingga mendidih. Kemudian matikan api dan aduk hingga dingin serta jangan lupa membilas dengan hati-hati.

Mutiara
Karena tekstur permukaannya cukup rapuh, mutiara tidak bisa dibersihkan dengan cairan pembersih. Cukup tuangkan sedikit minyak sayur pada kain kemudian menggosokkan dengan lembut pada mutiara yang terkena debu dan kusam. Cara ini akan membantu membuat mutiara Anda terlihat lebih berkilau.

Emas
Campurkan satu sendok cairan pencuci piring dengan setengah sendok teh amonia dan satu cangkir air hangat. Kemudian celupkan perhiasan emas Anda ke dalam larutan tersebut selama 10 detik. Setelah itu gunakan sikat gigi untuk menyikatnya. Dan jangan kaget jika emas Anda akan terlihat seperti baru dan berkilau.

Perak
Jika perhiasan perak Anda terlihat sudah tidak menarik lagi, cara untuk membuatnya kembali berkilau cukup mudah. Letakkan beberapa sendok baking soda dan aluminium foil pada sebuah mangkuk. Biarkan selama tiga puluh menit kemudian bersihkan. Aluminium akan bertindak sebagai katalis untuk pertukaran ion sehingga noda pada perhiasaan perak Anda akan hilang.

(Latifah Gusri)

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS