Sukses

5 Kesalahan Saat Meluruskan Rambut

Sudah benarkah cara Anda menggunakan catokan? Simak ulasannya berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Meluruskan atau menata rambut terkadang membutuhkan beberapa alat yang panas.  Menggunakan catokan memang bisa dijadikan salah satu alternatif untuk meluruskan atau membuat rambut bergelombang.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menggunakan catokan atau hairdryer untuk menghindari kerusakan seperti rambut bercabang. Dilansir dari Popsugar.com pada Rabu (10/8/2016) berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering Anda lakukan ketika menata rambut dengan alat-alat yang panas.

1.Tidak Menggunakan Serum
Langkah yang paling penting adalah memberikan perlindungan untuk rambut Anda sebelum terkena catokan panas. Jika Anda tidak menggunakan serum atau vitamin rambut sebelum menggunakan catokan, akan menyebabkan rambut kering dan rapuh.

2.Temperatur Terlalu Tinggi

(foto: popsugar.com)
Jika Anda berpikir dengan temperatur yang tinggi akan membuat rambut cepat lurus, Anda salah. Pengaturan temperatur tinggi hanya diperuntukkan bagi rambut tebal atau kasar yang masih basah.
Gunakan temperatur yang sedang, tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah agar lebih efektif.
Dengan begitu, menggunakan catokan tidak akan membuat rambut Anda kering. Selain itu jangan biarkan catokan terlalu lama pada satu titik tertentu.

3.Rambut Anda Terlalu Basah atau Terlalu Kering

(foto: popsugar.com)
Percaya atau tidak ada waktu yang tepat untuk menggunakan haidryer. Mengeringkan rambut ketika rambut masih sangat basah tidak baik untuk kulit kepala Anda. Sedangkan menggunakan hairdryer saat rambut terlalu kering dapat menghilangkan kelembapannya. Untuk mencegah kerusakan dan dehidrasi pada rambut, sebaiknya gunakan pada saat rambut Anda setengah kering.

4.Arah yang Salah
Salah arah saat menggunakan hair dryer dapat menyebabkan kerusakan dan malah membuat rambut Anda keriting. Tahan hairdryer Anda lalu arahkan mulai dari atas ke bawah atau ujung rambut. Usahakan hairdryer tetap satu arah. Hal ini membantu rambut Anda terurai dengan lembut dan indah.

5.Menyemprotkan Hair Spray Sebelum Menata Rambut
Kesalahan ini banyak diterapkan oleh beberapa wanita. Menyemprotkan hairspray sesaat sebelum menata rambut, akan membuat rambut terlihat kaku pada hasil akhir. Perlu Anda ketahui, alkohol yang terdapat pada hairspray yang Anda semprotkan pada rambut Anda akan menyebabkan kerusakan yang parah ketika bersentuhan dengan catokan panas.

Ada baiknya jika Anda menyemprotkan hairspray sesudah menggunakan catokan panas untuk menghindari kerusakan. Selain itu Anda juga lebih mudah untuk menata kembali rambut Anda.

(Dearni Grasia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini