Sukses

6 Hal Tentang Kecantikan Ini, Mitos atau Fakta?

Liputan6.com, Jakarta Setiap wanita pasti ingin menjadi cantik. Kaum wanita melakukan banyak hal, seperti ritual atau rutinitas di pagi, siang, sore, dan malam hari untuk menjaga kecantikan mereka.

Dilansir dari womansday.com, Minggu (1/5/2016), berikut ini adalah beberapa hal yang paling umum diketahui banyak orang tentang kecantikan. Namun, apakah semua hal ini adalah fakta? Atau hanya sekedar fiksi. Simak di sini penjelasannya.

1. Anda dapat menyembuhkan kulit kering di wajah dengan melakukan pengelupasan
Faktanya, ini adalah ide yang benar-benar buruk.
Kulit kering berarti secara alami kulit Anda mencoba untuk menghilangkan sel-sel yang mati.
"Menggosok kulit saat kering dapat menyebabkan peradangan dan tidak membantu kekeringan itu sendiri," papar David E. Bank, dokter kulit.
Para ahli kulit menyarankan lebih baik Anda menggunakan pelembab harian yang mengandung asam alfa hidroksi.

2. Sering memotong rambut membuatnya tumbuh lebih cepat

6 Hal Tentang Kecantikan Ini, Fakta Atau Fiksi? Sumber : womansday.com

Faktanya, ini tidak benar.
Rambut tumbuh dari akarnya, jadi memotong ujung sebaliknya tidak akan membuatnya tumbuh lebih cepat. Prinsip yang sama berlaku pada kepercayaan bahwa mencukur rambut yang ada di tubuh Anda, akan membuatnya tumbuh dengan lebih tebal. Ini tidak akan terjadi.
Bagaimanapun, memotong atau mencukur rambut sebenarnya adalah untuk mencegah kerusakan yang terjadi berkelanjutan, selain membuatnya terlihat lebih pendek.
"Saat rambut mengalami kerusakan, memotong rambut sebenarnya akan membuat Anda mendapatkan tampilan rambut yang lebih sehat," Mara Roszak, stylish selebritas.

3. Sering menyisir rambut akan membuatnya tampak bersinar

6 Hal Tentang Kecantikan Ini, Fakta Atau Fiksi? Sumber : womansday.com

Faktanya, ini juga tidak benar.
Mengapa Anda harus menyisir rambut, selain karena alasan kerapian? Karena dengan menyisir rambut, Anda membantu pendistribusian minyak alami rambut. Namun, menyisirnya terlalu sering hanya akan menyebabkan gesekan pada kutikula dan kerusakan pada rambut. Ini membuat rambut terlihat kusam, bukan bersinar.
Cara terbaik untuk membuat rambut bersinar adalah dengan menggunakan minyak atau serum rambut.
"Ketika Anda menyisir rambut untuk menghilangkan kekusutan, lakukan perlahan. Selain itu, alat yang sesuai juga dapat banyak membantu," papar Ricardo Dinis, pakar potongan rambut global.

4. Seiring bertambahnya usia, jerawat tidak akan tumbuh

6 Hal Tentang Kecantikan Ini, Fakta Atau Fiksi? Sumber : womansday.com

Faktanya, mungkin tidak.
Jerawat bukan hanya masalah bagi para remaja, banyak wanita yang baru berjerawat setelah mereka berumur 50 tahun.
"Kadar esterogen akan mulai menurun di umur 30 tahun dan menyebabkan tumbuhnya jerawat hormon," jelas Jennifer MacGregor, dermatolog asal New York.
Anda akan sering melihat benjolan jerawat tumbuh di wajah, terutama di bagian rahang dan dagu. Hal terpenting yang harus Anda ingat adalah Anda tidak lagi dianjurkan untuk memakai produk perawatan kulit untuk remaja ketika Anda telah memasuki usia lanjut. Ketika memasuki usia lanjut, kulit Anda memproduksi lebih sedikit minyak, tentunya Anda tidak ingin membuatnya lebih kekeringan.
Aplikasikan krim yang mengandung retinoid atau sejenis vitamin A untuk mengurangi jerawat dan meminimalisir munculnya keriput.

5. Minum banyak air dapat menghidrasi kulit Anda

6 Hal Tentang Kecantikan Ini, Fakta Atau Fiksi? Sumber : womansday.com

Faktanya, bisa benar dan salah.
"Minum banyak air dapat memberi hidrasi pada tubuh, menambah volume darah Anda, meningkatkan sirkulasi untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke dalam sel kulit," kata Ted Lain, dermatolog.
Namun, bukan berarti air adalah semua yang dibutuhkan oleh kulit Anda. Anda tetap dianjurkan untuk memakai pelembap untuk membuat kulit terlihat halus dan kenyal.

6. Beralih ke produk perawatan sesuai dengan kondisi kulit Anda akan lebih efektif

6 Hal Tentang Kecantikan Ini, Fakta Atau Fiksi? Sumber : womansday.com

Faktanya, ya, Anda harus melakukannya.
Sebenarnya kulit Anda dapat menyesuaikan dengan berbagai produk yang Anda gunakan. Namun, Anda juga harus sadar untuk selalu menyesuaikan produk perawatan kulit sesuai dengan kondisi yang ada, seperti cuaca dan usia.