Sukses

`Gadis Pollock` Ciptaan Billy Tjong untuk Zalora

Billy Tjong pertama kali memasarkan koleksi ready to wear di Indonesia melalui toko online Zalora.Inspirasi busananya adalah lukisan Pollock

Liputan6.com, Jakarta Paul Jackson Pollock dikenal dengan teknik melukisnya yang sedikit berbeda. Dengan memercikkan atau menumpahkan cat ke kanvas yang ditaruh di lantai atau di tembok, pelukis yang meninggal pada tahun 1956 itu membuat karya-karya bergenre abstrak ekspresionis.

Jackson Pollock merupakan pelukis asal Amerika yang punya andil penting dalam gerakan lukis abstrak ekspresionis. Gagasannya tentang cabang lukis itu ialah bahwa seni bukan hanya tentang hasil tapi juga proses. Ekspresi yang ditekankan dalam lukisan-lukisan ekspresionis ditempatkan lebih jauh oleh Pollock pada bagaimana ekspresi yang muncul saat melukis dituangkan.

Jika gagasan Pollock tersebut menjelma sebagai seorang gadis, maka ia adalah gadis yang memakai karya-karya desainer asal Indonesia, Billy Tjong. Sebanyak 37 looks diperagakan oleh para model di rooftop resto populer Jakarta, Skye, pada Kamis (25/9/2014).

Sore pukul 16.30 saat itu tak terlalu berangin. Sinar matahari pun masih cukup terang untuk memperlihatkan keindahan urban kota Jakarta yang tampak tenang dari ketinggian lantai 56. Model-model, yang beberapa di antaranya adalah penyanyi Nindi, Ussy Sulistiawati, Julia Perez dan aktris Cynthia Ramlan, berjalan di area atap terbuka restoran tersebut sambil diiringi musik dari seorang DJ. Para tamu pun disiguhkan dengan berbagai jenis canape dan minuman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gadis Billy Tjong itu Reinkarnasi Pollock

Gadis Billy Tjong itu Reinkarnasi Pollock

Motif sebagian busana di koleksi itu memang tampak ala lukisan Pollock yang abstrak. Beberapa busana lainnya bermotif floral dan kotak-kotak. Sebagaimana Pollock yang menekankan arti penting proses ekspresi seni, gadis Billy Tjong di koleksi ini juga perlu dilihat dari bagaimana ia bermain-main dan berekspresi melalui desain-desain rancangan itu.

Jumpsuit berwarna dasar biru gelap dengan motif bunga hijau, sleveless dress motif lukisan abstrak, midi skirt motif kotak-kotak, memperlihatkan bagaimana gadis Billy Tjong berekspresi dalam mix and match busana. Sentuhan seni yang cukup banyak di koleksi ini tak membuat karya-karya Billy berkesan berat.

Ekspresi gadis Billy Tjong yang chic dan moderen menjadi sebuah pendekatan yang cukup fun pada inspirasi karya-karya seni Pollock. Artsy in chic adalah status yang bisa diberikan pada gadis Billy Tjong untuk online store Zalora. Gadis itu tampak seperti Reinkarnasi Pollock.

"Inspirasi koleksi saya untuk Zalora ini adalah karya-karya lukis Jackson Pollock," jelas Billy pada konferensi pers yang berlangsung sebelum fashion show dimulai.

Dikatakan oleh Billy bahwa ini merupakan kali pertamanya menjual koleksinya melalui platform online. Ini juga merupakan pertama kalinya Billy Tjong memasarkan reancangan-rancangan ready to wear–nya di pasar dalam negri.

3 dari 3 halaman

Seni yang dapat Dijangkau

Seni yang dapat Dijangkau

Hadir dalam konferensi pers acara ini, Anthony Fung, Managing Director Zalora Indonesia. Fung mengatakan bahwa Zalora Indonesia memilih Billy Tjong di kerja sama tersebut dikarenakan Billy dilihat sebagai seorang desainer berkualitas di Indonesia. Zalora Indonesia ingin agar karya-karya Billy bisa dijangkau oleh masyarakat dari berbagai penjuru Indonesia, Asia, bahkan dunia, di mana hal itu dimungkinkan dengan platform butik online.

Bicara tentang keterjangkauan, harga yang ditempel pada label busana-busana itu terbilang cukup terjangkau untuk ukuran koleksi desainer. Dengan Rp 399.000 ribu – Rp 1.399.000, Anda sudah bisa membawa pulang koleksi ready to wear desainer ternama Indonesia, Billy Tjong, yang sebelumnya hanya dipasarkan di luar negeri.

Kerjasama Billy Tjong dan Zalora Indonesia memang serupa dengan apa yang dilakukan desainer Amerika Joseph Altuzarra dengan Target store.

Mengenai kerjasama yang memungkinkan karya desainer dapat dijangkau oleh masyarakat yang lebih luas, Billy Tjong mengaku tak takut dengan berubahnya citra karya-karyanya sebagai karya desainer.

So, it’s not too much to say that our lovely Billy Tjong is as rock as Altuzarra!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini