Sukses

Netflix Korea Ajak Penyandang Disabilitas Nonton Film Bareng

Layanan streaming global Netflix mengundang sejumlah penyandang disabilitas untuk nonton film thriller sci-fi karya sutradara Korea Yeon Sang-ho “Jung_E”.

Liputan6.com, Jakarta Layanan streaming global Netflix mengundang sejumlah penyandang disabilitas untuk nonton film thriller sci-fi karya sutradara Korea Yeon Sang-ho “Jung_E”.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk penyandang tunanetra dan tunarungu, serta para guru dari lembaga pendidikan khusus dan non-disabilitas yang diundang melalui media sosial. Diantaranya, beberapa guru yang hadir berasal dari sekolah khusus seperti Seoul National School for the Blind dan Seoul National School for the Deaf.

Ruang pengenalan fungsi bebas hambatan Netflix dioperasikan untuk menjelaskan cara menggunakan fungsi bebas hambatan, dan sebelum pemutaran, sutradara Yeon Sang-ho dari "JUNG_E," Kim Hyun-joo, dan aktor Ryu Kyung-soo juga menyapa panggung.

Bebas hambatan mengacu pada upaya untuk meruntuhkan hambatan fisik dan institusional yang menghalangi lansia, penyandang disabilitas, dan kelompok terisolasi lainnya untuk dapat menikmati hak yang sama.

Fungsi utama bebas hambatan untuk melihat konten mencakup komentar layar audio yang menyuarakan semua situasi seperti gerakan, ekspresi wajah, kostum, latar belakang, dan adegan untuk tunanetra, dan subtitel untuk penyandang tunarungu yang teks karakter, baris, dan informasi suara.

Netflix mengadakan pemutaran film aslinya di Lotte Cinema Konkuk University di timur Seoul Senin lalu, menyediakan narasi audio dan subtitle untuk penyandang tunarungu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Mereka yang Diundang

Kwon Soon-chul, seorang tunanetra yang berpartisipasi dalam inspeksi komentar layar untuk pemutaran ini, mengatakan, acara ini begitu bermakna.

"Saya berharap pemutaran film di ruang bebas hambatan ini akan membantu lebih banyak orang bersimpati terhadap kebutuhan disabilitas."

Choi Ha-neul, seorang tunarungu yang memeriksa subtitle untuk tunarungu, juga mengatakan, "Fungsi 'JUNG_E' yang bebas hambatan tidak hanya meningkatkan pemahaman film tetapi juga menyampaikan garis emosional yang halus."

“Kami akan terus berkembang dengan menyampaikan pentingnya dan nilai bebas hambatan sehingga kegembiraan dan keistimewaan hiburan yang dibawakan oleh Netflix dapat menjadi kehidupan sehari-hari semua orang,” kata pejabat Netflix.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.