Sukses

Kisah Tiktoker Tegal Rawat Istri yang Sandang Gangguan Jiwa dengan Penuh Cinta

“Semoga kamu cepat sembuh ya sayang,” tulis Mansyur dalam unggahan Tiktok untuk istrinya yang menyandang gangguan jiwa.

Liputan6.com, Jakarta - “Semoga kamu cepat sembuh ya sayang,” tulis Mansyur dalam unggahan Tiktok untuk istrinya yang menyandang gangguan jiwa, Nyunyun.

Pasangan dari Tegal, Jawa Tengah itu sedang menjadi perbincangan di media sosial lantaran memberi gambaran kehidupan cinta sederhana yang tulus. Kehidupan sehari-hari pasangan tersebut dibagikan oleh Mansyur di akun Tiktok-nya @mansyurtegal.

Pria yang bekerja sebagai kuli bangunan itu dengan sabar merawat sang istri yang keadaan mentalnya sedang tidak sehat. Sebelum berangkat kerja, Mansyur selalu menyiapkan makanan di meja dekat tempat tidur istrinya.

“Saya mau berangkat kerja ya. Nah ini biasa air putih buat minum sudah disiapin, ini ponggol (nasi bungkus) sudah saya siapin juga entar buat makan habis kamu bangun tidur. Dan ini obatnya jangan lupa diminum,” kata Mansyur kepada sang istri.

Meninggalkan istrinya di rumah sendirian bukanlah hal mudah bagi Mansyur. Ia ingat pesan dokter, bahwa orang dengan gangguan jiwa tak boleh ditinggal sendirian.

“Kalau menurut dokter, (pasien) jiwa sih tidak boleh ditinggal sendirian karena harus ada yang selalu ngajak ngobrol, harus ada yang selalu ngajak diskusi,” katanya.

Namun, kewajiban mencari nafkah memaksanya untuk meninggalkan sang istri di siang hari.

“Bagaimana lagi karena keadaan sayang ya, kalau aku enggak kerja, nungguin kamu di rumah entar kita mau makan apa? Karena semuanya itu perlu uang untuk kebutuhan sehari-hari jadi terpaksa kalau siang kamu sendirian di rumah,” ujar Mansyur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya Mansyur

Mansyur pun menjelaskan kepada istrinya yang masih terlelap bahwa ia sedang berupaya mencari peruntungan dengan jualan di Tiktok.

“InshaAllah kalau aku jualan di Tiktok sudah cukup hasilnya untuk makan, untuk kehidupan sehari-hari bisa ya saya enggak kerja bangunan lagi. Saya ingin merawat kamu dengan benar di rumah, ngobrol dengan kamu biar kamu enggak bengong enggak ngelamun.”

“Untuk sementara kita jalani apa adanya ya sayang. Kamu di rumah dulu ya sayang.”

Dengan kondisi kejiwaan yang tidak baik, sang istri tak dapat melakukan berbagai pekerjaan termasuk pekerjaan rumah tangga. Maka dari itu, segala hal mulai dari mencari uang, merawat istri, hingga mengurus rumah menjadi tanggung jawab Mansyur. Tak jarang, sebelum berangkat kerja, ia menyempatkan diri untuk menjemur pakaian.

3 dari 4 halaman

Ponggol untuk Nyunyun

Sepulang kerja, Mansyur selalu menyempatkan diri untuk membeli ponggol atau nasi bungkus untuk istrinya.

Dalam video lainnya, terlihat sang istri yang kerap dipanggil Nyunyun sedang menunggu kedatangan Mansyur di depan pintu. Nyunyun pun tersenyum ketika melihat suaminya tiba.

“Cintaku sudah menghadang di depan rumah. Rasa cape jadi hilang kalau lihat Nyunyunku senyum,” tulis Mansyur dalam keterangan video.

Dengan wajah ceria, Nyunyun mengambil kantong kresek berisi nasi yang dibawa Mansyur dan segera membukanya. Di dalam kresek itu ada pula jajanan warung.

“Itu pacetan (jajanan) saya, saya enggak makan pacetannya karena keingetan kamu jadi pacetannya saya bawa pulang.”

Nyunyun pun berjalan ke lemari dapur dan mengatakan bahwa dirinya mau membuatkan kopi untuk sang suami. Mansyur pun memberi pujian pada Nyunyun.

“Pintar sekali, Masya Allah, istriku yang luar biasa.”

4 dari 4 halaman

Bikin Warganet Salut

Unggahan Mansyur diunggah ulang oleh pengguna Twitter @djamtjoek.

“Just found out that his wife has a mental issue and on medication. He really loves her no matter what. Semoga keberkahan dan kesehatan selalu menyertai keluarga Bapak Mansyur,” kata pemilik akun itu.

Unggahan tersebut pun mendapat tanggapan dari warganet. Tak sedikit yang memuji kelembutan sikap Mansyur kepada istrinya.

“Masya Allah Barakallahu fiik ketika udah menikah, lelaki tuh dinilai dari tanggung jawabnya, keren banget bapak masyaa Allah, sehat-sehat Pak Mansyur dan ayang nyunyuuuuun,” kata seorang warganet.

Ada pula yang salut pada Mansyur lantaran memiliki kesadaran soal kesehatan mental.

“Yang aku salut sama Bapaknya selain perlakuan ke istrinya , dia aware sama mental issue dan cari professional help. Bapak, you're the best husband material. Ibunya semoga lekas sembuh. Semoga kalian langgeng terus,” ujar pengguna Twitter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.