Sukses

Jangan Macam-Macam, Pria Difabel Asal Malaysia Ini Jago Muay Thai

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran penyandang disabilitas, Mohammad Shahdam Abdul Aziz di sebuah pertandingan di Malaysia (Sukma) sudah menjadi semacam kemenangan dalam kompetisi muay thai di South City Plaza, Malaysia.

Meskipun tidak dapat menggunakan seluruh anggota tubuhnya dalam bertanding Muay Thai, ia menyelesaikan rintangan pembukanya di nomor 48kg putra dengan mengalahkan Areen Khan Shahzam dari Sabah 30-27 kemarin.

Dilansir dari The Star, tangan kiri Shahdam diamputasi ketika ia baru berusia lima tahun, tetapi pria berusia 18 tahun itu tidak melihat disabilitasnya sebagai kerugian.

“Saya sedang bermain dan tangan saya tergelincir ke dalam mesin tebu. Akibatnya saya kehilangan tangan kiri saya,” kata Shahdam, yang berharap bisa masuk tim nasional suatu hari nanti.

“Saya suka seni bela diri, jadi saya mencoba muay thai.

“Saya sudah terlibat (dengan Muay Thai) selama hampir 14 tahun. Beberapa melihat situasi saya sebagai kekurangan tetapi itu membuat saya semakin bertekad untuk berjuang dan membuktikan diri.

“Saya berharap bisa memperjuangkan emas untuk Penang dan untuk orang tua saya, yang selalu mendukung saya.”

Ia juga menyebutkan bahwa caranya dalam mengatasi disabilitasnya saat bertanding, yaitu dengan mengikat tangan kirinya dengan selotip yang lebih tipis sehingga ia masih bisa merasakan kelenturannya.

Tekadnya ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Ia membuktikan pada pertandingan Muay thai baru-baru ini setelah lolos dari babak penyisihan dari total ada 16 medali emas yang diperebutkan.

Juara dunia bertahan Ahmad Nor Iman Aliff Rakib dan Rifdean Masdor adalah pemain utama, masing-masing mewakili Terengganu dan Perak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Apa Itu Muay Thai?

Muay thai merupakan salah satu seni bela diri yang tenar di kalangan masyarakat luas. Bahkan tak hanya pria, wanita pun turut menggemari olahraga yang satu ini.

Asal muasal Muay Thai berakar dari Thailand. Seni bela diri ini memerlukan kelincahan tubuh yang cepat juga tepat serta kekuatan juga dibutuhkan.

Seperti dilansir Health Guidance, ada beragam manfaat yang didapat dari seni bela diri ini. Mulai dari fisik menjadi lebih proporsional, mempengaruhi mental, sampai membantu menghilangkan lemak dalam tubuh.

 

 

3 dari 3 halaman

Latihan yang Baik untuk Jantung

"Muay thai adalah latihan seluruh tubuh yang baik jantung Anda, mengencangkan otot, dan menantang pikiran Anda," kata Raquel Harris, juara enam kali muay thai, dikutip Livestrong.

"(Saat melakukan gerakan Muay thai) Anda terus-menerus memberikan pukulan, tendangan, lutut, dan siku," kata Harris lagi.

Latihan ini juga dapat membakar sekitar 690 kalori selama latihan satu jam. Tapi muay thai lebih dari sekadar cara untuk berkeringat dan membakar kalori.

"Setiap pukulan dalam muay thai menggunakan rotasi pinggul yang akan meningkatkan mobilitas Anda," kata Harris. "Gerakan ini juga memaksa Anda untuk memutar inti Anda dan meledakkan bola kaki Anda, yang menjadikan seni sebagai bentuk latihan unik yang akan menguji seluruh tubuh Anda."

Dan latihan muay thai juga dapat meningkatkan keseimbangan Anda. Dengan kata lain, setelah semua tendangan dan pukulan itu, pose pohon seharusnya mudah.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS