Sukses

Jago Main Drum, Imansyah Aditya dapat Apresiasi dari Yayasan Down Syndrome Internasional

Imansyah Aditya Fitri adalah penyandang down syndrome yang mahir memainkan drum. Keahlian itu membawanya ke berbagai panggung dan acara besar.

Liputan6.com, Jakarta Imansyah Aditya Fitri adalah penyandang down syndrome yang mahir memainkan drum. Keahlian itu membawanya ke berbagai panggung dan acara besar.

Baru-baru ini, remaja yang akrab disapa Adit itu mendapatkan apresiasi dari Yayasan Down Syndrome Internasional. Keberhasilan tersebut tak lepas dari dukungan sang ibu, Emsyarfi.

Sadar bahwa anaknya memiliki kebutuhan khusus, Emsyarfi tidak tinggal diam. Ia membimbing dan mendidik Adit dalam berbagai kegiatan terutama musik. Kesabaran dan ketekunannya dalam membawa sang anak ke arah yang lebih baik ternyata membuahkan hasil.

Pada Jumat (11/12/2020) lalu berita tentang Adit diunggah di Yayasan Down Syndrome International. Hal ini juga menandakan keberhasilan Emsyarfi dalam menyebarkan kesadaran tentang anak down syndrome (ADS).

“Berawal dari keinginan memperkenalkan bakat dan aktivitas Adit pada media yang lebih luas. Hampir 2 tahun yang lalu,  saya mulai mencari link-link yang bisa memberi kesempatan itu,” kata Emsyarfi kepada Disabilitas Liputan6.com melalui pesan singkat, Selasa (15/12/2020).

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Setelah Mencari di Internet

Setelah melakukan pencarian di internet, akhirnya ia menemukan Yayasan Down Syndrom International. Berbagai kegiatan grup tersebut diikutinya, sesekali ia membagikan foto dan video tentang Adit.

Oktober lalu yayasan itu mengunggah beberapa foto anggotanya berkegiatan selama pandemi, foto terbaik akan dipublikasikan.

“Saya dan adit bersemangat membaca informasi ini. Kami ingin dunia luar juga tahu apa kegiatan anak down syndrom di  Indonesia.” 

Emsyarfi kemudian mengirimkan 4 foto disertai tulisan pendek tentang kegiatan selama pandemi seperti yang diminta panitia.

“Hampir sebulan menunggu,  kami menerima email pemberitahuan dari yayasan itu yang berisi berita Adit dimuat hari Jumat 11 Desember 2020.”

“Saya dan Adit gembira sekali. Kami membuka laman Down Syndrom Internasional dan kami menemukan foto adit di antara foto-foto ADS lain yang berasal dari India,  USA,  dan lain-lain.”

Dengan demikian, remaja yang juga hobi berkebun itu tampil sebagai satu-satunya ADS Dari Indonesia.

“Sungguh mengharukan, apresiasi yang sungguh besar dari Yayasan Down Syndrome International untuk ADS Indonesia yang kali ini diwakili Adit.” 

“Semoga perjalanan panjang Adit mencari jalan mandirinya ini menyemangati semua keluarga dengan anak berkebutuhan khusus untuk tidak lelah memperjuangkan kemajuan ananda tercinta,” tutup Emsyarfi.

3 dari 3 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.