Sukses

Bukti Kesuksesan Margarete Steiff, Penyandang Disabilitas yang Ciptakan Teddy Bear

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak mengetahui boneka Teddy Bear? Mainan ikonik yang kerap disukai anak-anak maupun dewasa ini ternyata memiliki latar belakang cerita yang luar biasa. Sang penciptanya, Margarete Steiff adalah seorang wanita penyandang disabilitas yang belum lama ini didaulat sebagai National Toy Hall of Fame atau salah satu orang yang berkontribusi dalam industri mainan.

Juru Bicara Steiff, Liza Marques Grando, menjelaskan seluk beluk perusahaan Steiff dan kisah inspiratif pendirinya yang menderita polio.

"Kisah Margarete adalah salah satu bukti hidup keberanian dan keuletan dari seorang wanita yang seumur hidupnya harus duduk di kursi roda akibat terserang polio saat usianya masih 18 bulan," kata Liza, dikutip Poststar.

Meskipun penyakit itu telah membuatnya lumpuh secara permanen, dia belajar menggunakan satu tangan yang masih baik-baik saja untuk mengoperasikan mesin jahit, dasar dari perusahaannya nanti.

Sejak usia muda, Margarete Steiff belajar menjahit, mulai membuat pakaian dengan mereknya sendiri. Suatu hari saat ia membolak-balik majalah mode, ia memperhatikan bantalan jarum dengan pola gajah kecil. Sejak saat itu ia memutuskan untuk membuat beberapa boneka sebagai hadiah untuk teman dan keluarga.

Tak lama kemudian, anak-anak dari desa kecil di Jerman--tempat tinggalnya mulai mengadopsi dan menggunakan bantalan kecil tersebut sebagai mainan lunak pertama di dunia. Menjadikannya sebuah inovasi saat masa sebagian besar mainan terbuat dari bahan keras seperti kayu, bisque (proses pembuatan keramik), atau logam.

Pada 1893, perusahaan Steiff beralih dari bisnis pakaian untuk berfokus secara eksklusif pada mainan. Perusahaannya terus berkembang pada tahun 1897, ketika keponakannya, Richard Steiff, bergabung dengan perusahaan tersebut. Margarete kemudian membuat boneka beruang pada tahun 1902, yang tidak diragukan lagi menjadi salah satu mainan paling terkenal sepanjang masa.

Pada 1907, Margarete Steiff GmbH (singkatan dari frasa bahasa Jerman “Gesellschaft mit beschränkter Haftung,” yang berarti "perusahaan dengan kewajiban terbatas atau kita lebih mengenalnya dengan perseroan terbatas) memproduksi lebih dari satu juta boneka beruang setiap tahun. Masih berbasis di kota kecil yang sama di Jerman, perusahaannya terus berkembang hingga saat ini.

Dari bengkel menjahitnya yang sederhana ini, terlepas dari banyak rintangan yang ia hadapi, bisa menjadi salah satu perusahaan mainan paling bergengsi saat ini.

 

2 dari 4 halaman

Perusahaan berkembang lebih dari satu abad

Siapa yang tidak bangga jika perusahaan mereka berhasil masuk ke dalam Toy Industry Hall of Fame. Namun jika ditanya siapa yang paling pantas untuk mendudukinya, sulit untuk membayangkan selain Margarete Steiff. Kontribusinya pada industri mainan tidak bisa diabaikan. Bagaimanapun, dia menjahit mainan mewah lembut pertama di dunia, yang mengubah dunia permainan.

Prestasinya semakin ternilai luar biasa jika mempertimbangkan keberhasilannya dalam mengatasi disabilitas fisik yang serius, sembari mendirikan perusahaan yang sangat sukses, saat era dunia bisnis didominasi oleh laki-laki.

Sebagai perusahaan global yang telah ada selama lebih dari satu abad, Steiff jelas harus berkembang seiring dengan waktu. Sejak awal berdirinya, Steiff dikenal dengan mainannya yang dibuat dengan luar biasa dan dirancang dengan indah. Banyak mainan awal perusahaan telah berakhir di museum, dan banyak lagi yang sangat dihargai di pasar sekunder. Di zaman modern, reputasi global Steiff untuk memproduksi mainan dan barang koleksi kontemporer terbaik masih diakui dengan baik di industri. Setiap produk yang dibuat sesuai dengan motto Margarete Steiff: “Hanya yang terbaik yang baik (diberikan) untuk anak-anak”.

Sekarang merek Steiff telah memperluas jangkauannya jauh melampaui segmen tradisional barang koleksi dan barang mewah klasik kami. Di tahun 2018, kami kembali fokus pada pasar anak-anak dengan peluncuran produk populer "Soft Cuddly Friends" yang menampilkan kain premium super lembut, warna kontemporer, dan desain modern. Koleksinya telah diterima dengan sangat baik karena komitmen berkelanjutan kami terhadap keunggulan dalam desain, bahan, dan pembuatan, serta harga eceran baru di bawah $ 40.

Di luar mainan dan barang koleksi, Steiff baru-baru ini meluncurkan kembali koleksi pakaian anak-anak premium yang menikmati kesuksesan besar di Eropa, dan kami sekarang memperluas koleksi tersebut ke Amerika Serikat dan belahan dunia lainnya. Ini hanyalah langkah terbaru yang kami ambil untuk memastikan merek 140 tahun kami beradaptasi dengan waktu saat ini, sambil memberikan kerangka kerja untuk 140 tahun ke depan.

3 dari 4 halaman

Dampak Game Online

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini: