Sukses

Kolaborasi Tiga Perusahaan Ciptakan Chatbot TISA untuk Penyandang Disabilitas

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan yang bergerak dalam bidang pemberdayaan sosial khususnya bagi penyandang disabilitas, Thisable Enterprise bekerjasama dengan Metrodata Electronics Tbk dan Kata.ai meluncurkan TISA (Thisable Personal Assistant Chatbot), sebuah sistem informasi digital untuk menyediakan informasi bagi para difabel.

Chatbot TISA dibuat untuk memfasilitasi teman-teman disabilitas dalam mengakses informasi mengenai ekosistem yang inklusif. Chatbot dengan nama lain chatterbot merupakan sebuah layanan obrolan robot/tokoh virtual dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) yang menirukan percakapan manusia melalui pesan suara, obrolan teks ataupun keduanya.

Chatbot ini juga terintegrasi dengan aplikasi WhatsApp dan didukung dengan teknologi kecerdasan buatan untuk memberikan layanan yang mudah diakses dan pengalaman digital terbaik bagi teman-teman disabilitas. 

“Chatbot TISA ini diharapkan akan menjadi wajah virtual yang mempresentasikan Thisable kepada para stakeholders untuk terciptanya ekosistem yang inklusif,” kata Angkie Yudistia Founder Thisable Enterprise dalam peluncuran TISA di Jakarta, Rabu (26/8/2020).

TISA akan memiliki beberapa fitur informasi dan bantuan bagi para penyandang disabilitas yang menghubunginya seperti Customer Service, Learning Center, dan Collection Reminder. Teman-teman disabilitas juga akan mendapatkan informasi seputar pekerjaan, pendaftaraan kerja, pelatihan, layanan pengaduan disabilitas, serta program-program Thisable lainnya.

“Teknologi kecerdasan artifisial (AI) sering dianggap hadir untuk menggantikan pekerjaan manusia. Namun, melalui kolaborasi Kata.ai dengan Thisable dan MII, teknologi AI justru dapat membantu teman-teman yang berkebutuhan khusus dalam meningkatkan literasi digital dan juga produktivitas kerja mereka. Kami berharap inisiasi ini akan membawa dampak sosial maupun perekonomian yang baik untuk Indonesia, khususnya di era kenormalan baru ini,” ungkap Reynir Fauzan, CMO & Co-Founder Kata.ai.

2 dari 3 halaman

Bentuk Kepedulian Kesetaraan Hidup

Dalam kesempatan yang sama, Susanto Djaja, selaku Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk menuturkan, “Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesetaraan hidup  penyandang disabilitas, Metrodata memberikan kontribusinya di dalam melakukan implementasi chatbot bernama TISA berkolaborasi dengan ThisAble Enterprise dan Kata.ai. Saat ini layanan Customer Service berbasis messenger sudah berfungsi untuk menjawab pertanyaan dan menangani keluhan para disabilitas yang hadir selama 24 x 7 jam.”

Pengembangan modul selanjutnya akan terus dilakukan untuk dapat membantu penyandang disabilitas dalam meningkatkan kompetensi/keahliannya serta memperoleh pekerjaan. “Dan sebagai kelanjutannya aplikasi TISA ini akan dikembangkan pula untuk membantu memberikan notifikasi tagihan baik kepada penyandang disabilitas maupun kepada mitra pemberi kerja,” tambah Susanto.

TISA merupakan chatbot pertama yang akan memberikan akses informasi kepada teman-teman disabilitas. Dengan ini, TISA diharapkan dapat membantu dan menjawab kebutuhan informasi para penyandang disabilitas. Ke depannya, TISA akan terus berkembang menyesuaikan era digital dan kebutuhan informasi teman-teman disabilitas.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: