Sukses

Film Animasi dengan Sejumlah Karakter Disabilitas yang Tak Kalah Menarik

Liputan6.com, Jakarta Seorang jurnalis difabel, Raya Aljadir mengaku menyukai film animasi. Sejak kecil ia sering menonton film animasi dan hingga dewasa kecintaannya terhadap animasi masih terbawa.

Namun, ia mengaku sulit untuk menemukan karakter animasi dengan disabilitas di berbagai film.

“Ini membuat saya marah, kenapa anak-anak tidak bisa melihat disabilitas dan menganggapnya sama seperti mereka?" tulis Raya seperti dilansir dari disabilityhorizons.com.

Ia pun berusaha menemukan beberapa karakter animasi dengan disabilitas seperti berikut:

1. Tujuh Kurcaci dalam Snow White

Tujuh kurcaci dalam tayangan 'Snow White' digambarkan sebagai orang-orang kerdil yang lucu nan baik hati. Mereka menolong Putri Salju dan menemaninya di hutan.

"Banyak orang mungkin tidak melihat tujuh kurcaci sebagai figur disabilitas. Dalam tayangan itu, mereka diperlakukan seperti anak kecil dan mungkin anak-anak tidak akan menyadari bahwa mereka difabel,” tulis Raya.

Kesadaran yang kurang terhadap orang dengan postur tubuh pendek juga berpengaruh. Padahal, para kurcaci ini jika dilihat di dunia nyata adalah orang-orang dengan dwarfisme. Kondisi di mana hormon pertumbuhan terganggu sehingga pertumbuhan badan terhambat.

2. Kapten Hook dalam Peter Pan

Kapten Hook adalah salah satu karakter utama dalam Peter Pan. Digambarkan sebagai bajak laut jahat yang ingin membalas dendam pada Peter Pan yang telah memotong tangan kirinya dan memberikannya pada buaya lapar.

Pada akhirnya, Kapten Hook menjadi seorang tunadaksa karena tidak memiliki tangan kiri. Untuk menyiasatinya Kapten Hook menggunakan kait atau hook.

2 dari 3 halaman

Nemo, Karakter Difabel Dengan Penggambaran yang Baik

3. Quasimodo dalam The Hunchback of Notre Dame

Karakter Quasimodo dalam The Hunchback of Notre Dame digambarkan sebagai seorang pria dengan punggung bungkuk bawaan lahir. Ia menganggap bahwa orang-orang takut dengan penampilannya.

Ia adalah seorang pemukul lonceng yang enggan pergi ke luar karena penampilannya. Suatu ketika karena satu dan lain hal ia ke luar dan akhirnya bisa menjalani kehidupan normal.

4. Julia dalam Sesame Street

Walaupun Sesame Street bukanlah fim animasi melainkan boneka, tapi tetap dimasukkan dalam daftar karena salah satu karakternya adalah penyandang disabilitas.

Karakter boneka disabilitas di sini adalah Julia. Ia adalah anak perempuan yang memiliki autisme. Karakter ini hadir untuk memberitahukan bagaimana perilaku anak dengan autisme.

5. Nemo dalam Finding Nemo

Nemo adalah anak ikan badut yang hidup bersama ayahnya, Marlin. Sebelum menetas, ibu Nemo dan telur lainnya terbunuh karena serangan ikan barakuda.

Nemo adalah satu-satunya telur yang terselamatkan walupun mengalami keretakan. Akibatnya, Nemo menetas namun dengan sirip kanan yang lebih kecil daripada sirip kiri. Hal ini membuat mobilitasnya terganggu.

“Ini adalah karakter disabilitas terbaik sejauh ini. Walau Nemo memiliki perbedaan tapi ia tetap baik hati, percaya diri, dan berani,” tulis Raya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pria dengan Gangguan Parkinson Mampu Ciptakan Kaligrafi Indah
Artikel Selanjutnya
DMC, Komunitas Motor Modifikasi bagi Difabel yang Saling Menguatkan