Sukses

Batik Ciprat Buatan Disabilitas Asal Magelang yang Laku di Pasaran

Sejauh ini ada sekitar 20 penyandang disabilitas tuna grahita bawah binaan Sheltered Workshop (SW) Peduli Baskara bekerja sama dengan Kementerian Sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Batik motif Ciprat karya para penyandang disabilitas intelektual atau tuna grahita terlatih di Desa Gebyok, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, laku dan diminati pasar.

Di bawah binaan Sheltered Workshop (SW) Peduli Baskara bekerja sama dengan Kementerian Sosial, puluhan penyandang disabilitas intelektual (PDI) atau tuna grahita terlatih tersebut mampu menghasilkan karya batik yang bernilai ekonomis.

"Sejauh ini ada sekitar 20 penyandang tuna grahita yang kami dampingi. Kami sangat terbuka untuk mendampingi penyadang disabilitas lainnya yang ingin bergabung. Tidak hanya tuna grahita saja," ujar Koordinator SW Peduli Baskara, Ari Dwi Pramiantoro, dilansir Antara, Kamis (17/10/2019).

Dia menjelaskan, motif Ciprat dipilih karena tergolong mudah. Adapun motif ciprat adalah corak dominan titik-titik, semburan, maupun semburat seolah berupa percikan air. Tahap pewarnaan pada kain batik tersebut akan menguatkan kesan percikan itu.

"Motif Ciprat Gebyok muncul karena yang mudah dan paling mungkin dilakukan para penyandang ini untuk menciptakan karya," papar Ari.

Setiap sore hari, lanjutnya, para penyadang disabilitas membuat batik dengan didampingi tim pendamping SW. Dalam sehari, kata Ari, mereka bisa menghasilkan hingga lima lembar kain batik Ciprat.

Sejak dikembangkan pada Mei 2019, kini batik Ciprat karya penyandang disabilitas intelektual di Desa Gebyok dipasarkan di Magetan hingga luar kota melalui pasar daring.

"Untuk harga ditetapkan Rp 140 ribu per potongnya. Batik-batik tersebut telah dipasarkan ke Magetan dan sekitarnya. Selain itu juga Sumenep, Probolinggo, dan bahkan Jambi," kata Ari.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Dipandang Remeh

Menurut Ari, ide pelatihan pembuatan batik Ciprat itu agar para penyandang disabilitas tidak dipandang rendah oleh masyarakat umumnya.

Melalui kegiatan tersebut, kata dia, para penyandang disabilitas memiliki pekerjaan dan hasilnya bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Ia menambahkan Sheltered Workshop (SW) Peduli merupakan salah satu upaya menciptakan wadah atau lembaga pendampingan, pelatihan, dan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas intelektual (PDI) dalam masyarakat.

Program PDI diarahkan untuk menciptakan kemandirian melalui berbagai bimbingan oleh kelompok swadaya masyarakat dengan sejumlah kegiatan yang bernilai ekonomis produktif agar mereka memiliki penghasilan.

Melalui program tersebut harapannya tidak ada lagi penyandang disabilitas yang hidup rentan, terabaikan, termarginalkan, serta tidak berdaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.