Sukses

Atasi Kasus Ilegal Kripto, China Revisi UU Pencucian Uang

Tujuan spesifik dari usulan revisi tersebut adalah untuk memerangi pencucian uang dengan aset virtual.

Liputan6.com, Jakarta - China akan segera menerapkan revisi terhadap Undang-Undang Anti Pencucian Uang (AML) yang sudah ketinggalan zaman, sebuah langkah yang dilihat oleh para ahli hukum sebagai cara untuk mengatasi meningkatnya risiko yang terkait dengan aset virtual.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (16/2/2024), rancangan amandemen terhadap undang-undang AML yang ada, disahkan pada 2006 dan mulai berlaku pada 2007, dibahas pada pertemuan Dewan Negara yang dipimpin oleh Perdana Menteri China Li Qiang, dan akan diserahkan untuk ditinjau oleh badan legislatif nasional.

Meskipun teks lengkap dari rancangan amandemen tersebut belum dipublikasikan, tujuan spesifik dari usulan revisi tersebut adalah untuk memerangi pencucian uang dengan aset virtual. 

Firektur eksekutif di Pusat Studi Anti-Pencucian Uang China di Universitas Fudan di Shanghai, Yan Lixin mengatakan pencucian uang terkait dengan penggunaan aset virtual saat ini merupakan masalah yang paling mendesak dan paling perlu untuk ditangani pada tingkat hukum.

Inisiatif anti-pencucian uang terbaru dari Beijing mencerminkan komitmen pemerintah untuk mengimbangi perkembangan Web3 seperti token yang tidak dapat dipertukarkan dan aset virtual lainnya.

China masih tetap berpegang teguh pada larangan kejam negara tersebut terhadap operasi mata uang kripto termasuk penambangan dan perdagangan kripto.

Aturan Baru Disahkan 2025

Usulan amandemen undang-undang AML, yang diperkirakan akan disahkan tahun depan, akan mengatasi jenis risiko pencucian uang yang baru. Pihak berwenang China telah meningkatkan pengawasan mereka terhadap kasus pencucian uang terkait kripto dalam beberapa tahun terakhir. 

Pada 2022, polisi di Daerah Otonomi Mongolia Dalam bagian utara menangkap 63 orang karena pencucian uang USD 1,7 miliar atau setara Rp 26,6 triliun menggunakan mata uang kripto.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Atasi Risiko

Mitra di firma hukum King & Wood Mallesons di Hong Kong, Andrew Fei menuturkan revisi undang-undang AML di China untuk mengatasi risiko terkait aset virtual telah berkembang secara signifikan.

“Undang-undang AML di China belum mengalami revisi besar sejak pertama kali diberlakukan lebih dari 17 tahun lalu. Dunia kini berada di tempat yang sangat berbeda. Misalnya, bitcoin bahkan belum ditemukan ketika undang-undang AML Tiongkok pertama kali berlaku,” jelas Fei.

Satuan Tugas Aksi Keuangan (FATF), sebuah badan pengawas pencucian uang dan pendanaan teroris antar pemerintah yang berbasis di Paris, telah menetapkan rekomendasi rinci untuk mengatasi aset virtual dalam usulan amandemen undang-undang AML.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

China Kaji Konservasi Energi Baru untuk Penambangan Kripto

Sebelumnya diberitakan, Beijing, China siap menerapkan kebijakan baru guna memperkuat tindakan untuk mendorong konservasi energi di beberapa aspek operasi kota, mendorong pengurangan karbon dan polusi. Rencana tersebut juga mengusulkan untuk meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas penambangan Bitcoin.

Beijing menganggap konservasi energi sebagai hak utama yang mendasar untuk memperkuat konservasi sumber daya energi sekaligus persyaratan untuk membangun peradaban ekologis.

Penambangan kripto termasuk di antara aktivitas yang akan diawasi secara khusus untuk mendorong pengurangan karbon, pengurangan polusi, dan perluasan energi hijau di samping konstruksi, transportasi, industri, dan teknologi informasi.

Melansir laman Bitcoin, Rabu (7/2/2024), tindakan ini didukung oleh kebijakan nasional yang memberlakukan larangan menyeluruh terhadap penambangan dan perdagangan mata uang kripto pada 2021. Saat itu, Bank Rakyat Tiongkok menginstruksikan semua bank Tiongkok untuk segera melarang aktivitas terkait kripto.

Meskipun demikian, laporan terbaru mengungkapkan penambangan Bitcoin masih terjadi di Tiongkok, dengan penambang Tiongkok masih menyediakan 21 persen hashrate jaringan global di belakang AS, yang memimpin dengan 38 persen.

Rencana Beijing juga mempertimbangkan inspeksi di unit-unit yang mengkonsumsi energi di kota tersebut untuk mengawasi penggunaan peralatan yang sudah tidak digunakan lagi karena kebutuhan energinya.

Inspeksi ini dapat berujung pada hukuman atas penggunaan energi ilegal, karena pemerintah kota akan mengambil tindakan untuk memaksa industri dan perusahaan memperbaiki masalah ini.

 

4 dari 4 halaman

Pasar Saham Anjlok, Investor di China Beralih ke Kripto

Sebelumnya diberitakan, Cryptocurrency kembali populer di China, karena investor beralih ke kripto untuk mencari keuntungan karena pasar saham nasional sedang menghadapi kemerosotan. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Sabtu (27/1/2024), menurut Reuters, meskipun pembelian dan perdagangan mata uang kripto telah dilarang sejak 2021, investor Tiongkok telah menemukan cara untuk mengalokasikan sebagian besar portofolio mereka ke mata uang kripto.

Investor ini dapat menggunakan bursa seperti grup perdagangan Binance dan Okx serta metode pembayaran tradisional seperti Alipay dan WeChat untuk membeli stablecoin dari dealer lokal, memasuki arena investasi mata uang kripto. Selain itu, ada juga pertukaran over-the-counter yang memfasilitasi akses ke kripto.

Seorang eksekutif senior di bursa yang berbasis di China  mengkonfirmasi pergerakan ini, dengan menyatakan kemerosotan yang terjadi saat ini telah membuat investasi di daratan Tiongkok menjadi berisiko, tidak pasti, dan mengecewakan, sehingga orang-orang mulai mengalokasikan aset di luar negeri.

Tidak hanya individu yang mencoba mencari peluang di pasar cryptocurrency. Lembaga-lembaga yang terdampak oleh kinerja pasar investasi tradisional juga mencari cara untuk mengubah narasi mereka.

Chainalysis, sebuah perusahaan intelijen blockchain, telah mengkonfirmasi jumlah kripto Tiongkok telah meningkat, mencapai posisi ke-13 di pasar peer-to-peer global pada 2023, naik dari peringkat 144 pada 2022. 

Transaksi berjumlah USD 86,4 miliar atau setara Rp 1.362 triliun (asumsi kurs Rp 15.775 per dolar AS) antara Juli 2022 dan Juni 2023, lebih dari apa yang diperdagangkan di Hong Kong pada periode yang sama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini