Sukses

Hadiri KTT di Dubai, PM India Narendra Modi Ajak Pengelolaan Global pada Kripto dan AI

Pernyataan Modi disampaikan sehari setelah Sam Altman, CEO OpenAI mendorong sistem pengawas AI global.

Liputan6.com, Jakarta - Saat menghadiri World Governments Summit di Dubai, Perdana Menteri India Narendra Modi menyerukan dibuatnya protokol global yang dapat mengelola teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dan mata uang kripto.

Dalam pidatonya di hari terakhir KTT tersebut, PM Narendra Modi menyerukan adanya platform terpadu bagi pemerintah-pemerintah untuk menghadapi ancaman yang semakin besar akibat kemajuan teknologi yang pesat dan lebih jauh lagi.

Pernyataan Modi disampaikan sehari setelah Sam Altman, CEO OpenAI – perusahaan di balik ChatGPT mendorong sistem pengawas AI global.

"Saya yakin pemerintah harus sesedikit mungkin mencampuri kehidupan masyarakat, tugas pemerintah adalah memastikan hal ini," kata Narendra Modi dalam pidatonya, dikutip dari The National, Kamis (15/2/2024)

Dengan lebih dari 1,3 miliar penduduk, India kini memiliki identitas digital yang terhubung dengan rekening bank dan telepon seluler, pemerintahan Narendra Modi sendiri telah memberlakukan tindakan keras terhadap korupsi dengan lebih banyak transparansi dalam transaksi keuangan.

"Mengembangkan protokol global dapat mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh kecerdasan buatan dan mata uang kripto," ujar Modi.

"Kita harus mendengarkan suara negara-negara Selatan, menyoroti prioritas mereka dan berbagi sumber daya dan kemampuan kita dengan negara-negara yang membutuhkan," ucapnya.

"Dengan mengikuti prinsip-prinsip ini, kita tidak hanya dapat menyelesaikan tantangan yang dihadapi pemerintah kita, namun juga memperkuat persaudaraan universal. Semangat inilah yang kami promosikan selama kepemimpinan kami di G20. Kami bergerak maju dengan semboyan: Satu bumi, satu keluarga, satu masa depan," tutur Modi.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pidato Pra Pemilu Narendra Modi

Pada kunjungannya yang ketujuh ke UEA dalam sepuluh tahun masa jabatannya sebagai Perdana Menteri India, Modi menyampaikan apa yang terdengar seperti pidato pra-pemilu ketika ia menyerukan pemerintahan minimum, pemerintahan maksimum.

Pemilu di India diperkirakan akan berlangsung pada bulan April atau Mei tahun ini, dan Modi mempunyai harapan kuat bahwa partai Hindu Bharatiya Janata yang dipimpinnya akan memenangkan masa jabatan ketiga.

"Saya yakin masyarakat tidak boleh merasakan ketidakhadiran pemerintah, namun pada saat yang sama, juga tidak boleh ada tekanan dari pemerintah," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Kebutuhan masyarakat

“Saat ini dunia membutuhkan pemerintah yang mengutamakan kemudahan hidup, kemudahan keadilan, kemudahan mobilitas, kemudahan berinovasi, dan kemudahan berusaha. Kita sering mendengar para ahli mengatakan bahwa, setelah pandemi Covid, kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah berkurang," katanya.

"Namun, di India, kami mengalami pengalaman sebaliknya. Dalam beberapa tahun terakhir, kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah India semakin meningkat," sebut Modi.

4 dari 4 halaman

India Pertahankan Pajak Kripto Tinggi

Sebelumnya diberitakan, Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman menyampaikan anggaran tahunan pemerintah untuk mempertahankan kebijakan pengurangan pajak di sumber (TDS) yang kontroversial untuk transaksi kripto. 

Banyak pihak berekspektasi akan ada perubahan pajak, tetapi tidak ada perubahan pajak pada transaksi kripto, termasuk pajak keuntungan sebesar 30% dan TDS sebesar 1% pada semua transaksi.

Hal ini terjadi meskipun ada upaya dari industri kripto dalam negeri dan studi dari lembaga yang berusaha keras untuk mengurangi TDS. Kurangnya perubahan pada kebijakan TDS sangat mengecewakan bagi industri kripto, mengingat hal ini telah menjadi masalah besar sejak diperkenalkan dua tahun lalu. 

Pertukaran kripto India telah berjuang untuk bertahan hidup, dengan banyak yang terpaksa memperluas landasannya sebagai respons terhadap TDS 1%. 

Ketua Bharat Web3 Association, Dilip Chenoy, badan kebijakan yang mengadvokasi sektor Web3 India, menyatakan optimisme yang hati-hati, dengan menyatakan mereka tidak mengharapkan perubahan signifikan dalam anggaran sementara namun sangat menantikan perubahan setelah pemilu. 

Chenoy menyoroti dampak negatif dari tingginya TDS dan tarif pajak penghasilan, yang menyebabkan pembuat dan konsumen pindah dari India, sehingga mempengaruhi prospek Web3 di negara tersebut.

Sebuah studi oleh Esya Center mengungkapkan pajak pemerintah telah mendorong sebanyak lima juta pedagang kripto untuk memindahkan transaksi mereka ke luar negeri, sehingga merugikan potensi pendapatan pemerintah sebesar USD 420 juta atau setara Rp 6,6 triliun sejak Juli 2022.

Meskipun pemerintah belum mengurangi pajak dalam dua tahun terakhir, baru-baru ini pemerintah mengambil tindakan terhadap bursa kripto luar negeri, yang pada gilirannya membawa aktivitas kripto kembali ke bursa India.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.