Sukses

Standard Chartered Prediksi Harga Bitcoin Bisa Sentuh Rp 3,1 Miliar pada Akhir 2025

Bank mendasarkan prediksi harga pada asumsi antara 437.000 dan 1.32 juta Bitcoin, akan disimpan di ETF Bitcoin spot yang terdaftar di Amerika Serikat pada akhir 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Bank multinasional Standard Chartered memperkirakan harga Bitcoin (BTC) dapat mencapai USD 200.000 atau setara Rp 3,1 miliar (asumsi kurs Rp 15.535 per dolar AS) pada akhir 2025 jika ETF Bitcoin Spot disetujui dan berhasil di Amerika Serikat.

Bank mendasarkan prediksi harga pada asumsi antara 437.000 dan 1.32 juta Bitcoin, akan disimpan di ETF Bitcoin spot yang terdaftar di Amerika Serikat pada akhir 2024. Perusahaan memperkirakan ini setara dengan arus masuk hingga USD 100 miliar atau setara Rp 1.553 triliun.

“Jika arus masuk terkait ETF terwujud seperti yang kami perkirakan, kami pikir tingkat aliran masuk yang mendekati USD 200.000 pada akhir tahun 2025 mungkin terjadi,” kata kepala aset digital Standard Chartered Geoff Kendrick, dikutip dari Cointelegraph, Rabu (10/1/2024).

Kendrick mengatakan mereka memandang persetujuan ETF Bitcoin sebagai momen penting untuk menormalkan partisipasi Bitcoin. Eksekutif perbankan itu juga mencatat prediksi harga Bitcoin terbaru sejalan dengan prediksi harga Bitcoin baru-baru ini sebesar USD 100.000 atau setara Rp 1,5 miliar pada akhir 2024.

Meskipun sebagian besar fokus investor berpusat pada ETF Bitcoin, salah satu pakar industri mengatakan “fundamental” jaringan Bitcoin yang diperkuat harus menjadi faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika mengevaluasi harga Bitcoin.

Ahli strategi Blockchain Jamie Coutts dari Pragmatic Blockchain Research mencatat fundamental Bitcoin berada pada titik tertinggi sepanjang masa, menurut grafik logaritmik “Aktivitas Jaringan Bitcoin” berdasarkan “Harga Bitcoin” yang ia bagikan oleh perusahaan analisis blockchain CryptoQuant.com pada 8 Januari.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Analis Bernstein Prediksi Harga Bitcoin Sentuh Rp 2,3 Miliar pada Pertengahan 2025

Sebelumnya diberitakan, lonjakan harga Bitcoin tahun ini dinilai sebagai langkah pembuka dalam siklus kenaikan bitcoin yang baru. Hal ini sesuai dengan pendapat analis Bernstein dan pakar aset digital Gautam Chhugani, yang menunjukkan kepada investor katalis yang akan datang yang dapat mendorong bitcoin ke level yang lebih tinggi.

Chhugani memprediksi harga Bitcoin bisa naik hingga level tertinggi baru yaitu USD 150.000 atau setara Rp 2,3 miliar (asumsi kurs Rp 15.516 per dolar AS) pada pertengahan 2025. Jika ini terjadi, menjadi kenaikan 4,5 kali dari harga saat ini. 

“Anda mungkin tidak menyukai Bitcoin seperti kami, namun pandangan yang tidak memihak terhadap Bitcoin sebagai komoditas menunjukkan adanya perubahan dalam siklus ini,” kata Chhugani, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (3/1/2024). 

Chhugani menambahkan, investor yang ingin ikut serta dalam permainan ini dapat membeli bitcoin secara langsung tetapi ada cara lain untuk berpartisipasi. Menurutnya, penambang adalah cara beta tinggi untuk mendapatkan eksposur.

Penambang bitcoin yang dimaksud Chhugani adalah perusahaan dengan infrastruktur untuk memvalidasi transaksi bitcoin dan menerima bitcoin sebagai hadiah untuk melakukan hal tersebut dan Chhugani yakin sepasang perusahaan pertambangan memiliki posisi yang sangat baik untuk menjadi bank.

Namun bukan hanya analis Bernstein yang melihat masa depan yang baik bagi nama-nama ini. Menurut database TipRanks, keduanya juga dinilai sebagai Pembelian Kuat oleh konsensus analis. 

 

 

3 dari 4 halaman

Bitcoin Diramal Terkoreksi Hingga 30%, Kenapa?

Sebelumnya diberitakan, Mantan CEO Bitmex Arthur Hayes menguraikan perkiraan harga bitcoin-nya dalam postingan Medium yang diterbitkan minggu lalu. Dia juga membahas dampak dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) terhadap harga bitcoin. 

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) diperkirakan akan menyetujui beberapa ETF bitcoin pada 10 Januari 2024. Hayes memperkirakan tiga variabel akan bertabrakan satu sama lain pada Maret.

“Saya memperkirakan bitcoin akan mengalami koreksi sehat sebesar 20% hingga 30% dari level apa pun yang telah dicapainya pada awal Maret. Penurunan ini bisa menjadi lebih parah jika ETF bitcoin spot yang terdaftar di AS sudah mulai diperdagangkan,” kata Hayes, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (9/1/2024).

Hayes menjelaskan variabel pertama adalah Reverse Repurchase Operations (RRPs) atau repo repo. Hayes memperkirakan saldo RRP akan mencapai USD 200 miliar atau setara Rp 3.107 triliun pada awal Maret. Memperhatikan pasar kemudian akan “bertanya-tanya apa yang akan terjadi selanjutnya.

“Perlu ada sumber likuiditas dolar lain yang dipasok untuk menjaga partai tetap berjalan,” jelas Hayes. 

 

4 dari 4 halaman

Faktor Lainnya

Kedua, dia mengatakan pada 12 Maret 2024, bank-bank yang bangkrut harus mendapatkan uang tunai untuk ditukar dengan Treasury AS dan obligasi lain yang memenuhi syarat yang mereka repokan ke The Fed. 

Faktor lainnya adalah The Fed akan menurunkan suku bunga pada pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada 20 Maret. 

“Saat ini, pasar mengharapkan The Fed untuk memulai penurunan suku bunga pertamanya setidaknya 0,25% sejak mulai menaikkan suku bunga. tarif pada bulan Maret 2021,” ujar Hayes.

Mengenai ETF bitcoin spot, Hayes menjelaskan jika antisipasi ratusan miliar fiat mengalir ke ETF ini di masa depan akan mendorong bitcoin melampaui USD 60.000 atau setara Rp 932,4 juta dan mendekati level tertinggi sepanjang masa pada 2021 sebesar USD 70. 000 atau setara Rp 1 miliar. 

Saya dapat dengan mudah melihat koreksi sebesar 30% hingga 40% karena berkurangnya likuiditas dolar. Proposal untuk mendaftarkan dan memperdagangkan 11 ETF bitcoin spot telah diajukan ke SEC, dan perdagangan dapat dimulai segera pada 11 Januari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.