Sukses

Perusahaan ATM Bitcoin Coin Cloud Diretas, Pelaku Curi Data Pribadi Nasabah

Menurut vx-underground, para peretas mengaku telah mencuri 70.000 gambar nasabah yang diambil dari kamera yang terpasang di ATM.

Liputan6.com, Jakarta - Pada November, kolektif keamanan siber bernama vx-underground menulis di Twitter, peretas tak dikenal telah membobol Coin Cloud, sebuah perusahaan ATM Bitcoin yang bangkrut.

Menurut vx-underground, para peretas mengaku telah mencuri 70.000 gambar nasabah yang diambil dari kamera yang terpasang di ATM, serta data pribadi 300.000 nasabah, yang diduga memuat, Nomor Jaminan Sosial, tanggal lahir, Nama Depan, Nama Belakang, alamat email, Nomor Telepon, Pekerjaan Saat Ini, Alamat Fisik, dan banyak lagi.

Tidak ada yang mengklaim peretasan tersebut secara publik. Sebulan kemudian, apa yang sebenarnya terjadi pada Coin Cloud  masih menjadi misteri, bahkan menurut pemilik baru perusahaan tersebut.

Coin Cloud adalah perusahaan yang mengelola ribuan ATM Bitcoin di AS dan Brasil, menurut situs resminya, hingga perusahaan tersebut mengajukan kebangkrutan pada Februari. 

Pada Juli, Genesis Coin, penyedia ATM Bitcoin lainnya, mengakuisisi 5.700 ATM dari Coin Cloud yang sudah tidak beroperasi lagi, menurut siaran pers yang diterbitkan pada saat itu. 

Genesis Coin diakuisisi pada awal Januari oleh Andrew Barnard dan rekannya, yang memiliki perusahaan ATM cryptocurrency lain bernama Bitstop.

Barnard, yang menjabat sebagai CEO ATM Bitcoin, perusahaan yang berganti merek setelah pembelian beberapa aset Coin Cloud dalam proses kebangkrutan, mengatakan perusahaannya meluncurkan penyelidikan setelah tweet vx-underground.

Namun, Bernard tidak dapat menyimpulkan kapan pelanggaran itu terjadi atau siapa yang bertanggung jawab, dan dia sendiri menggambarkan insiden itu sebagai “sebuah misteri.”

"Pelanggaran data terjadi beberapa waktu lalu karena Coin Cloud telah diretas beberapa kali di masa lalu ketika mereka masih menjadi perusahaan yang beroperasi,” kata Barnard,” dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (13/12/2023).

Barnard mengatakan jika seseorang memperoleh kode sumber, yang berisi kredensial admin ke database, peretas akan memiliki akses ke semua informasi KYC dari pelanggan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Investor Kripto Bakal Amati Suku Bunga AS dan ETF Bitcoin pada 2024

Sebelumnya diberitakan, pasar kripto mencatatkan kinerja baik menjelang akhir 2023. Saat ini investor kripto akan memperhatikan suku bunga The Fed dan keputusan peraturan AS mengenai produk bitcoin baru.

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (12/12/2023), cryptocurrency mengalami pemulihan tahun ini setelah pada 2022 yang terik di mana krisis pasar dan serangkaian skandal, termasuk runtuhnya FTX dan tuduhan penipuan terhadap CEO-nya, Sam Bankman-Fried, merusak kredibilitas industri.

Harga bitcoin, mata uang kripto terbesar dan barometer utama pasar, telah meningkat lebih dari dua kali lipat tahun ini, mencapai level tertinggi dalam 20 bulan pada November sebesar USD 42.000 atau setara Rp 658,2 juta (asumsi kurs Rp 16.675 per dolar AS) per token. 

Pasar telah didukung oleh ekspektasi menurunnya inflasi AS akan memungkinkan bank sentral secara global untuk tidak menaikkan suku bunga lebih lanjut dan mulai melakukan pelonggaran pada tahun depan, sehingga membuat aset-aset berisiko menjadi lebih menarik. 

Langkah yang telah lama dinantikan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) juga menjadi pendorongnya.

Tema-tema tersebut, bersama dengan perkiraan halving bitcoin pada April 2024. Ini adalah sebuah proses yang mengurangi pasokan token dan akan terus berdampak positif bagi pasar tahun depan, meskipun beberapa orang memperingatkan pasar tidak mungkin untuk mengubah skala rekor tertingginya pada 2021.

3 dari 4 halaman

Pasar Kripto Kembali Koreksi Awal Pekan Kedua Desember 2023, Ini Penyebabnya

Sebelumnya diberitakan, pasar kripto mengalami penurunan tajam pada Senin, 11 Desember 2023, dengan total kapitalisasi pasar turun lebih dari 4 persen. Penyebab utamanya adalah harga Bitcoin yang tiba-tiba merosot 5 persen menjadi USD 41.300 atau setara Rp 644,9 juta (asumsi kurs Rp 15.616 per dolar AS).

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur menjelaskan, pekan kedua Desember 2023 ini memberikan kabar kurang menggembirakan bagi para pelaku pasar kripto. Pasar kripto dan Bitcoin mengalami koreksi tajam yang merupakan penurunan terbesar dalam lebih dari sebulan terakhir, setelah sebelumnya mengalami kenaikan lebih dari 12 persen selama 30 hari terakhir.

“Ada kemungkinan besar investor mulai mengambil sikap wait and see, yang mengakibatkan aksi jual besar-besaran dan likuidasi pasar secara luas. Ini bisa disebabkan oleh situasi makroekonomi di AS yang menjadi fokus perhatian para investor dalam pekan ini,” kaya Fyqieh dalam siaran pers, Senin (11/12/2023).

Fyqieh menambahkan, mereka sedang mempersiapkan diri untuk dua peristiwa ekonomi besar yang masih akan terjadi pada tahun 2023.

Pasar kripto tengah bersiap menghadapi minggu yang penuh tantangan karena semua mata tertuju pada berita mengenai CPI (Consumer Price Index) dan FOMC (Federal Open Market Committee) yang akan datang. 

Pada Selasa, perhatian akan difokuskan pada rilis laporan inflasi harga konsumen AS untuk bulan November. Prediksi awal menunjukkan perlambatan terus-menerus dalam tingkat inflasi tahunan.

“Data mengenai inflasi CPI AS minggu ini semakin penting, terutama karena investor sedang semakin mengantisipasi kemungkinan penurunan suku bunga oleh Federal Reserve (The Fed) pada bulan Maret mendatang,” ujar Fyqieh.

4 dari 4 halaman

Data Inflasi

Jika data inflasi menunjukkan tingkat inflasi sebesar 3 persen atau bahkan lebih rendah dari perkiraan, hal ini kemungkinan akan meningkatkan harapan akan penurunan suku bunga. Dalam skenario ini, investor mungkin akan mencari peluang di pasar kripto, mengingat potensi keuntungan yang lebih besar dalam aset berisiko seperti mata uang kripto.

Sebaliknya, jika tingkat inflasi tiba-tiba melonjak, itu dapat mendorong The Fed untuk melanjutkan upaya mereka dalam menangani inflasi. The Fed akan mengumumkan keputusan tentang suku bunga. 

Konsensus di kalangan investor saat ini adalah The Fed kemungkinan besar akan mempertahankan kebijakan saat ini, karena banyak yang percaya mereka telah mencapai langkah-langkah pengetatan moneternya.

Dengan semua faktor ini dalam permainan, diperkirakan minggu ini akan membawa fluktuasi signifikan pada harga Bitcoin dan pasar kripto secara keseluruhan, dengan efek yang mungkin akan dirasakan dalam beberapa bulan ke depan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini