Sukses

Kripto ANKR Coin Menguat Hari Ini 21 Desember 2022, Berikut Kinerjanya

ANKR Coin adalah token utilitas asli yang diperlukan untuk transaksi dan pembayaran untuk banyak layanan Ankr.

Liputan6.com, Jakarta - Ankr adalah penyedia infrastruktur blockchain terdesentralisasi yang mengoperasikan serangkaian node yang didistribusikan secara global di lebih dari 50 jaringan Proof-of-Stake. 

Infrastruktur ini membantu mendorong pertumbuhan ekonomi kripto sambil mendukung rangkaian lengkap alat multi-rantai untuk pengguna Web3. Ankr memiliki token kripto utilitasnya sendiri yang disebut ANKR Coin. 

ANKR Coin adalah token utilitas asli yang diperlukan untuk transaksi dan pembayaran untuk banyak layanan Ankr serta tata kelola platform. ANKR memiliki kemampuan sebagai token ERC-20, BEP-2, dan BEP-20, dan juga tersedia di jaringan Polygon, Avalanche, dan Fantom.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu (21/12/2022), ANKR Coin menguat 2,47 persen dalam 24 jam terakhir. Harga ANKR Coin saat ini berada di level Rp 275,68 dengan volume perdagangan 24 jam terakhir sebesar Rp 174,4 miliar.

Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 125. ANKR Coin memiliki kapitalisasi pasar sekitar Rp 2,6 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 9,6 miliar ANKR Coin dari maksimal suplai 10 miliar ANKR. 

Pendiri Ankr

Co-founder Ankr Chandler Song dan Ryan Fang (pemenang Forbes 30 Under 30) mendirikan Ankr pada 2017 tak lama setelah lulus dari University of California, Berkeley setelah menjadi peserta awal dalam program Blockchain di Berkeley.

Chandler bekerja sebagai insinyur di Amazon Web Services pada saat dia bertemu Stanley Wu, pendiri ketiga. Bersama-sama, mereka menjalankan misi untuk membangun infrastruktur Web3 yang paling terdesentralisasi dan skalabel.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan invest

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Kripto Rabu 21 Desember 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Rabu (21/12/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali bertengger di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu, 21 Desember 2022 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat 2,78 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 4,79 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 16.883 per koin atau setara Rp 262.8 juta (asumsi kurs Rp 15.566 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) turut menguat pagi ini. ETH naik 4,63 persen dalam sehari terakhir, tetapi masih ambles 7,72 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.215 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali menghijau. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat 4,69 persen, tetapi masih melemah 7,48 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 252,10 per koin. 

Kemudian Cardano, kembali bertengger di zona hijau. Dalam satu hari terakhir ADA naik 2,81 persen, tetapi masih merosot 16,81 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,2588 per koin.

 

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) kembali menguat dengan kenaikan selama satu hari terakhir sebesar 4,40 persen, Namun SOL masih melemah 10,95 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 12,28 per koin.

Sedangkan XRP berhasil melesat. XRP tumbuh 4,29 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 10,56 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3525 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini kembali pulih. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 4,97 persen, tetapi masih terkoreksi 17,82 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,07461 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto alami penguatan dalam 24 jam ke level USD 813,4 miliar dari sebelumnya di level USD 790,2 miliar.

 

4 dari 4 halaman

Senator AS Tegaskan Bitcoin Adalah Komoditas Bukan Mata Uang

Sebelumnya, Senator AS John Boozman mengungkapkan, meskipun disebut mata uang kripto, Bitcoin tetap dianggap sebuah komoditas bukan mata uang. Dia menekankan, pertukaran di mana komoditas diperdagangkan, termasuk bitcoin, harus diatur oleh Commodity Futures Trading Commission (CFTC).

“Bitcoin, meskipun mata uang kripto, itu tetap adalah komoditas. Ini adalah komoditas di mata pengadilan federal dan pendapat ketua Securities and Exchange Commission (SEC). Tidak ada perselisihan tentang ini,” kata Boozman dalam sebuah sidang, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (6/12/2022).

Menyebut keruntuhan FTX mengejutkan, sang senator berkata laporan publik menunjukkan kurangnya manajemen risiko, konflik kepentingan, dan penyalahgunaan dana pelanggan. 

Senator Boozman melanjutkan untuk berbicara tentang regulasi kripto dan memberdayakan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) sebagai pengatur utama pasar spot kripto. 

“CFTC secara konsisten menunjukkan kesediaannya untuk melindungi konsumen melalui tindakan penegakan hukum terhadap aktor jahat,” lanjut Senator Boozman.

Boozman yakin CFTC adalah agensi yang tepat untuk peran regulasi yang diperluas di pasar spot komoditas digital.

Pada Agustus 2022, Boozman dan beberapa senator memperkenalkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Komoditas Digital (DCCPA) untuk memberdayakan CFTC dengan yurisdiksi eksklusif atas pasar spot komoditas digital. 

Dua RUU lainnya telah diperkenalkan di Kongres tahun ini untuk menjadikan regulator derivatif sebagai pengawas utama untuk sektor kripto.

Sementara bitcoin adalah komoditas, Ketua SEC Gary Gensler berulang kali mengatakan sebagian besar token kripto lainnya adalah sekuritas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.