Sukses

Intip Kinerja Kripto ANKR Coin Hari Ini 12 Desember 2022

ANKR Coin melemah 5,83 persen pada perdagangan Senin (12/12/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Ankr adalah penyedia infrastruktur blockchain terdesentralisasi yang mengoperasikan serangkaian node yang didistribusikan secara global di lebih dari 50 jaringan Proof-of-Stake. 

Infrastruktur ini membantu mendorong pertumbuhan ekonomi kripto sambil mendukung rangkaian lengkap alat multi-rantai untuk pengguna Web3. Ankr memiliki token kripto utilitasnya sendiri yang disebut ANKR Coin. 

ANKR Coin adalah token utilitas asli yang diperlukan untuk transaksi dan pembayaran untuk banyak layanan Ankr serta tata kelola platform. ANKR memiliki kemampuan sebagai token ERC-20, BEP-2, dan BEP-20, dan juga tersedia di jaringan Polygon, Avalanche, dan Fantom.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin (12/12/2022), ANKR Coin melemah 5,83 persen dalam 24 jam terakhir. Harga ANKR Coin saat ini berada di level Rp 319,70 dengan volume perdagangan 24 jam terakhir sebesar Rp 318,9 miliar..

Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 123. ANKR Coin memiliki kapitalisasi pasar sekitar Rp 3 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 9,6 miliar ANKR Coin dari maksimal suplai 10 miliar ANKR. 

Pendiri Ankr

Co-founder Ankr Chandler Song dan Ryan Fang (pemenang Forbes 30 Under 30) mendirikan Ankr pada 2017 tak lama setelah lulus dari University of California, Berkeley setelah menjadi peserta awal dalam program Blockchain di Berkeley.

Chandler bekerja sebagai insinyur di Amazon Web Services pada saat dia bertemu Stanley Wu, pendiri ketiga. Bersama-sama, mereka menjalankan misi untuk membangun infrastruktur Web3 yang paling terdesentralisasi dan skalabel.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembawa Acara Ini Sarankan Investor Jual Kripto, Ada Apa?

Sebelumnya, investor yang juga pembawa acara Mad Money CNBC Jim Cramer, telah menyarankan investor untuk menjual mata uang kripto mereka setelah runtuhnya pertukaran kripto FTX. 

“Anda tidak bisa menyalahkan diri sendiri dan berkata, hei, sudah terlambat untuk menjual. Sebenarnya, tidak ada kata terlambat untuk menjual posisi yang buruk, dan itulah yang Anda miliki jika Anda memiliki apa yang disebut aset digital ini,” kata Cramer dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (9/12/2022).

Cramer mengaku dulu berinvestasi dalam bitcoin, eter, dan Non Fungible Token (NFT) tetapi menjual semua kepemilikan kripto-nya tahun lalu. 

“Sudah kubilang aku sudah lama menjual bitcoin dan ethereum dan menggunakan hasilnya untuk membeli pertanian yang sangat bagus,” ungkap dia. 

Dia telah menyarankan investor untuk menghindari investasi dalam aset spekulatif, termasuk kripto, sementara Federal Reserve terus memperketat ekonomi.

Dia menekankan investor tidak boleh tertipu oleh kapitalisasi pasar beberapa koin, memperingatkan beberapa cryptocurrency termasuk XRP, dogecoin, cardano, dan poligon bisa jatuh ke nol. 

“Masih ada seluruh industri penguat kripto yang berusaha mati-matian untuk menjaga semua hal ini tetap di udara tidak terlalu berbeda dari apa yang terjadi dengan saham buruk selama keruntuhan dotcom,” tutur Cramer.

3 dari 4 halaman

Pandangan Mengenai Sam Bankman-Fried

Cramer juga membagikan pemikirannya tentang ledakan FTX. Pertukaran kripto yang didirikan oleh Sam Bankman-Fried (SBF) mengajukan kebangkrutan Bab 11 pada 11 November, dan diperkirakan satu juta pelanggan dan investor kehilangan miliaran dolar karena keruntuhannya. 

Perusahaan sekarang sedang diselidiki karena salah menangani dana pelanggan, di antara tuduhan lainnya.

“Saya bertaruh FTX tidak akan menjadi yang terakhir dari pertukaran crypto ini yang turun,” kata Cramer.

Minggu lalu, Cramer menyebut Bankman-Fried sebagai pembohong patologis, penipu, dan idiot yang tidak tahu apa-apa. 

“Niat tidak berarti apa-apa. Mengatakan maaf tidak berarti apa-apa. Kalau campur aduk, kalau tidak ada pencatatan, itu melawan hukum,” tegasnya.

4 dari 4 halaman

Bank Sentral Eropa Sebut Bitcoin Makin Tak Relevan

Sebelumnya, Bank Sentral Eropa (ECB) kembali memberikan kritik keras kepada Bitcoin. Kali ini ECB mengatakan mata uang kripto berada di "jalan menuju ketidak relevanan".

Dalam sebuah blogpost berjudul “Bitcoin's last stand,” Direktur Jenderal ECB Ulrich Bindseil dan analis Jurgen Schaff mengatakan, bagi para pendukung bitcoin, stabilisasi harga yang terlihat minggu ini menandakan nafas menuju ke harga tertinggi terbaru. 

Namun, menurut ECB ini adalah napas terakhir yang diinduksi secara artifisial sebelum jalan menuju ketidakrelevanan  dan ini sudah dapat diperkirakan sebelum FTX bangkrut dan mengirim harga bitcoin jauh di bawah USD 16.000. 

Bindseil dan Schaff mengatakan bitcoin tidak sesuai dengan bentuk investasi dan juga tidak cocok sebagai alat pembayaran.

“Desain konseptual dan kekurangan teknologi Bitcoin membuatnya dipertanyakan sebagai alat pembayaran: transaksi Bitcoin nyata tidak praktis, lambat, dan mahal. Bitcoin tidak pernah digunakan secara signifikan untuk transaksi dunia nyata yang sah,” tulis mereka dikutip dari CNBC, Senin (5/12/2022).

Bindseil dan Schaff mengatakan penting untuk tidak salah mengartikan peraturan sebagai tanda persetujuan.

Mereka juga menyampaikan kekhawatiran tentang kredensial lingkungan bitcoin yang buruk. Dasar-dasar teknis cryptocurrency sedemikian rupa sehingga membutuhkan daya komputasi yang sangat besar untuk memverifikasi dan menyetujui transaksi baru. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.