Sukses

Inggris Siapkan Aturan Baru, Permudah Penyitaan Kripto Terkait Terorisme

Kripto akan disita jika terlibat atau digunakan kejahatan yang tercantum dalam Undang-Undang Terorisme

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Inggris ingin lembaga penegak hukum dapat dengan mudah menyita aset kripto yang digunakan untuk mendanai terorisme. 

Departemen Dalam Negeri Inggris, ingin mencerminkan amandemen yang direncanakan pada RUU Kejahatan Ekonomi dan Transparansi Perusahaan yang akan memudahkan pihak berwenang untuk menyita kripto.

Kripto akan disita jika terlibat atau digunakan kejahatan yang tercantum dalam Undang-Undang Terorisme Inggris 2000 dan Undang-Undang Kejahatan dan Keamanan Anti-Terorisme 2001.

"Ini untuk memastikan lembaga penegak hukum kami, termasuk kepolisian kontra-terorisme, memiliki semua kekuatan yang diperlukan untuk secara efektif menyita, membekukan, dan kehilangan aset kripto yang dapat atau telah digunakan untuk tujuan teroris,” kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri, dikutip dari CoinDesk, Selasa (25/10/2022).

RUU Kejahatan Ekonomi dan Transparansi diperkenalkan bulan lalu dan menargetkan penggunaan kripto untuk kegiatan kriminal termasuk menghindari sanksi seperti yang ditempatkan di Rusia atas perang di Ukraina. 

Mencerminkan langkah-langkah ini dalam aturan kontra-terorisme negara memberi otoritas kekuatan untuk membekukan aset dalam kasus-kasus seperti penangkapan warga negara Inggris Hisham Chaudhary yang dinyatakan bersalah menggunakan bitcoin untuk membantu mendanai Negara Islam.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

RUU Jasa Keuangan dan Pasar

"Aset kripto semakin banyak digunakan untuk tujuan memfitnah dan teroris dan kami bermaksud untuk menindak ini dan kami akan mengajukan amandemen pemerintah untuk mencerminkan perubahan bagian empat dari RUU ini menjadi undang-undang kontraterorisme," kata sekretaris negara bagian untuk Departemen Dalam Negeri, Suella Braverman.

Saat merencanakan tindakan keras terhadap kripto yang digunakan untuk kegiatan terlarang, Inggris juga telah memperkenalkan tagihan untuk menarik lebih banyak bisnis kripto ke negara tersebut. 

RUU Jasa Keuangan dan Pasar, yang akan memberi regulator di negara itu lebih banyak kekuatan untuk mengatur kripto, saat ini sedang dibahas di Parlemen. RUU Perdagangan Elektronik yang dapat melihat dokumen perdagangan yang disimpan di blockchain telah disetujui oleh majelis tinggi Parlemen.

3 dari 4 halaman

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak Ternyata Pendukung Kripto

Sebelumnya, Rishi Sunak telah dipilih untuk menjadi Perdana Menteri Inggris berikutnya setelah keluarnya kontroversial Liz Truss dari kantor minggu lalu. Sunak dikenal sebagai sosok yang menggiring ambisi kripto baru di Inggris selama menjabat sebagai menteri keuangan.

Rishi Sunak dipilih oleh sesama anggota Partai Konservatif pada Senin, 24 Oktober 2022 untuk menggantikan Truss  yang menjabat hanya selama 45 hari dan terpaksa mengundurkan diri setelah rencana stimulus ekonominya dengan cepat terurai, yang menyebabkan ketidakstabilan politik dan ekonomi.

Dilansir dari CoinDesk, Selasa (25/10/2022), selama menjabat sebagai menteri keuangan di bawah mantan Perdana Menteri Boris Johnson, Sunak mengumumkan dia ingin mengubah Inggris menjadi pusat kripto.

Dia membantu mengantarkan Undang-Undang Layanan Keuangan dan Pasar, yang, jika disahkan menjadi undang-undang, dapat memberi regulator lokal kekuasaan yang luas atas industri kripto dimulai dengan membawa kripto yang dipatok aset seperti stablecoin ke dalam lingkup peraturan pembayaran. 

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Di bawah kepemimpinannya, produsen koin negara itu, Royal Mint, ditugaskan untuk membuat koleksi Non Fungible Token (NFT), yang belum membuahkan hasil. 

Pemerintah Truss telah menyatakan komitmennya terhadap rencana kripto Sunak tetapi pengunduran dirinya mengancam akan mengguncang segalanya sekali lagi. 

Industri kripto lokal, yang telah berkomunikasi dengan Sunak mengenai kebijakan kripto selama masa jabatannya sebagai menteri keuangan, siap menyambut pengangkatannya sebagai pemimpin pemerintahan.

Menyusul pengumuman penunjukan Sunak, direktur kebijakan di Innovate Finance, Adam Jackson, sebuah badan industri teknologi Inggris yang juga mengadvokasi kripto, menyebut mantan menteri keuangan itu sebagai juara fintech.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.