Sukses

Harga Kripto Hari Ini Kamis 16 Juni 2022: Bitcoin Cs Berhasil Menguat

Bitcoin dan kripto teratas lainnya berhasil menguat tipis dalam 24 jam terakhir pada perdagangan Kamis (16/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang beragam pada Kamis (16/6/2022) pagi. Mayoritas kripto jajaran teratas berhasil menguat dan keluar dari zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis (16/6/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menuguat 3,86 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 26,05 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 22.429,99 per koin atau setara Rp 329.5 juta (asumsi kurs Rp 14.695 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga berhasil menguat hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 4,55 persen. Namun masih melemah 31,73 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.230,33 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juga turut menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 5,41 persen, tetapi masih anjlok 20,82 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 229,17 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) masih menguat sejak kemarin. Dalam satu hari terakhir ADA naik 13,07 persen, tetapi masih melemah 18,18 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5311 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga berhasil menguat pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL menguat 20,36 persen. Namun masih melemah 12,70 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 34,15 per koin.

XRP juga turut menguat tipis. XRP naik 8,65 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 15,29 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3407 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9988. Sedangkan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) melemah 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi harganya masih berada di level USD 1,00.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pasar Kripto Terguncang, Investor Cemas Tunggu Kenaikan Suku Bunga

Sebelumnya, aset digital masih terjebak di zona merah pada Rabu, 15 Juni 2022  karena ketakutan inflasi dan ketidakpastian ekonomi. Kripto terbesar seperti Bitcoin dan Ether menghabiskan sepanjang hari dalam penurunan. Kripto lainnya juga masih berjuang untuk mendapatkan kembali kekuatan untuk naik ke zona hijau. 

Bitcoin baru-baru ini diperdagangkan di kisaran USD 22.000 atau setara Rp 324 juta turun sekitar 2 persen selama 24 jam terakhir. Penurunan tersebut merupakan kerugian hari kedelapan berturut-turut Bitcoin. 

Investor kripto saat ini masih cemas menunggu kenaikan suku bunga terbaru dari The Fed, yang sekarang diyakini oleh banyak pengamat akan menjadi 0,75 basis poin, sebagai obat inflasi yang keras. Harga Konsumen menunjukkan inflasi berlanjut pada level tertinggi empat tahun. 

Hal yang menjadi pertanyaan saat ini, apakah kebijakan hawkish dapat menjinakkan inflasi tanpa memicu resesi masih belum pasti.

Analis Senior Oanda Americas, Edward Moya mengatakan, saat ini investor Bitcoin sebaiknya menunggu dan melihat keputusan FOMC nanti. 

"Bitcoin masih memegang level USD 20.000 dan jika Wall Street mendapat keputusan dan konferensi pers yang sangat hawkish, imbal hasil Treasury dan dolar dapat melonjak sekali lagi dan itu akan menguji batas yang telah ditarik oleh banyak pedagang kripto," ujar Moya, dikutip dari CoinDesk, Rabu, 15 Juni 2022.

 

 

3 dari 4 halaman

Coinbase Umumkan PHK

Jika Bitcoin menembus di bawah level USD 20.000, dukungan mungkin tidak akan muncul sampai level USD 17.000. Kejatuhan kripto lainnya mungkin tidak melihat dukungan besar hingga tertinggi musim panas 2019 di sekitar level USD 14.000,” lanjut dia. 

Sementara itu, berita buruk terus mengganggu pasar kripto dengan raksasa pertukaran kripto, Coinbase mengumumkan PHK sekitar 18 persen dari tenaga kerjanya atau sekitar 1.100 karyawan. 

Pemotongan tersebut adalah yang terbaru di antara bursa utama, mengikuti yang dalam beberapa hari terakhir oleh Gemini yang dipimpin oleh kembar Winklevoss, Rain Financial yang berbasis di Timur Tengah serta Bitso dan Buenbit yang berbasis di Amerika Latin.

Di sisi lain, saham utama AS lebih tenang pada Selasa setelah pemukulan hari sebelumnya dengan S&P 500, Dow Jones Industrial Average dan Nasdaq semuanya datar. Emas, aset safe haven tradisional, juga turun, bagaimanapun, mengingatkan tingkat kegelisahan di antara investor.

 

4 dari 4 halaman

Analis Sebut Bitcoin Berpotensi Turun di Bawah Rp 294,6 Juta

Sebelumnya, pergerakan harga Bitcoin cukup stabil pada Rabu pagi 15 Juni 2022 di sekitar USD 22.000 atau sekitar Rp 324 juta setelah runtuh sejak 2 hari sebelumnya di tengah kekhawatiran inflasi dan kelemahan makroekonomi yang lebih luas. 

Penurunan terjadi setelah AS merilis data inflasi yang lebih buruk dari perkiraan pada Mei dalam sebuah catatan minggu lalu, yang melihat inflasi meningkat sebesar 8,6 persen dibandingkan tahun lalu. 

Trader sekarang memperkirakan kenaikan suku bunga lebih dari 175 basis poin hingga September, yang diperkirakan akan menurunkan pendapatan perusahaan dan memperlambat pengeluaran konsumen.

Trader dan analis kripto tetap sama-sama memiliki pandangan bearish. Salah satunya, Analis pasar senior FxPro Alex Kuptsikevich mengatakan dalam sebuah catatan Selasa sentimen pasar tetap dalam mode "ketakutan yang ekstrem" karena bitcoin mengalami penurunan terbesar sejak awal 2020.

Kuptsikevich menambahkan harga bitcoin bisa jatuh di bawah USD 20.000 atau sekitar Rp 294,6 juta sebelum pembeli jangka panjang kembali ke pasar, asalkan sentimen ekonomi makro membaik.

Co-CEO di penyedia produk yang diperdagangkan di bursa kripto, ETC Group, Bradley Duke juga memiliki pandangan sama yang menyatakan bitcoin dapat menguji ulang level seperti 2017 dengan dukungan utama berikutnya pada harga USD 20.000.

“Pasar kripto berada dalam mode ketakutan yang ekstrem, dengan satu-satunya periode yang sebanding baru-baru ini dari sentimen rendah yang diperpanjang hingga Maret 2020,” kata Duke dikutip dari CoinDesk, Rabu (15/6/2022). 

Sementara itu, beberapa investor mengatakan penurunan harga bitcoin terkait dengan penurunan saham global.

Contohnya, Direktur eksekutif di dana lindung nilai aset kripto ARK36, Mikkel Morch menjelaskan lingkungan ekonomi global menjadi sangat sulit untuk dinavigasi bagi investor yang terlibat di semua jenis pasar. 

“Selama beberapa tahun terakhir, cryptocurrency telah menjadi aset makro global dan diharapkan mereka akan bereaksi negatif sekarang ketika investor menyadari bank sentral belum bereaksi hampir seagresif yang mereka perlukan. untuk mengendalikan inflasi,” pungkas Morch. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.