Sukses

Harga Kripto Hari Ini Jumat 20 Mei 2022: Binance Coin Pimpin Penguatan

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau berhasil kembali memasuki zona hijau pada Jumat (20/5/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas yang sebelumnya melemah, kini kompak alami penguatan.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat (20/5/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat 3,47 persen dalam 24 jam dan 5,86 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 30.173,13 per koin atau setara Rp 441,5 juta (asumsi kurs Rp 14.632 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga berhasil kembali menguat hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 2,38 persen dan 4,68 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 2.006,30 per koin. 

Kripto selanjutnya,Binance coin juga turut menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB meroket tipis 3,22 persen dan 14,16 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 303,86 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) sayangnya masih melemah di tengah kripto lain yang menguat. Dalam satu hari terakhir ADA anjlok 0,52 persen. Namun masih menguat 13,63 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5237 per koin.

Adapun Solana (SOL) berhasil kembali ke zona hijau hari ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL menguat 0,50 persen dan 18,35 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 51,20 per koin.

XRP turut kembali menguat hari ini. Dalam satu hari terakhir, XRP naik 0,46 persen dan 10,74 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,4166 per koin. 

Nasib Terra (LUNA) masih cukup mengkhawatirkan. Terra anjlok 10,76 persen dalam 24 jam terakhir dan 98,66 persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 0,0001421 per koin.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9989 dan USDC di level USD 1,00.

Binance USD (BUSD) menguat 0,03 persen dalam 24 jam terakhir. Saat ini harga BUSD masih bertahan di level USD 1,00 per koinnya. 

Sedangkan Stablecoin Terra, Terra USD (UST) melemah 13,73 persen dalam 24 jam terakhir. Membuat harganya berada di level USD 0,08342.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Indeks Pengukur Kekhawatiran Kripto Sentuh Level Terendah Sejak Maret 2020

Sebelumnya, setelah mengalami beberapa minggu yang brutal, membuat pasar cryptocurrency goyah. Namun, saat ini kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, Bitcoin diperdagangkan stabil di kisaran USD 29.000 atau sekitar Rp 427,4 juta hingga 30.000 atau sekitar Rp 441 juta.

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (19/5/2022), meskipun keadaan tidak seburuk minggu lalu, investor kripto masih merasa ketakutan. Menurut Crypto Fear and Greed Index, yang menganalisis sentimen pasar Bitcoin telah turun ke level terendah sejak Maret 2020.

Saat ini, Indeks tersebut mewakili "ketakutan yang ekstrem," indeks sekarang berada di level 8, turun dari 14 kemarin dan 28 pada bulan lalu. Nilai 0 mewakili "ketakutan yang ekstrem," sementara 100 mewakili "keserakahan yang ekstrem," situs itu menjelaskan. 

Indeks memperhitungkan beberapa faktor saat memperoleh skor, termasuk volatilitas bitcoin, momentum dan volume pasar, reaksi media sosial, kapitalisasi pasar koin, dan data Google Trends.

Selama seminggu terakhir, sentimen pasar suram, berkisar antara skor 9 dan 14. Segalanya berubah pada awal Mei setelah Federal Reserve mengindikasikan akan menaikkan suku bunga setengah poin persentase, yang memicu aksi jual pasar yang lebih luas. Bitcoin, cryptocurrency terbesar berdasarkan nilai pasar, mulai anjlok bersama saham teknologi.

Harga Bitcoin turun lebih jauh setelah stablecoin Terra USD (UST) kehilangan pasak USD 1,00 dan token saudaranya Luna mulai jatuh minggu lalu, menambahkan lebih banyak tekanan ke bawah ke pasar cryptocurrency. 

Ini menghapus banyak tabungan hidup investor cryptocurrency, dan menurut laporan Penelitian Bank of America baru-baru ini, ketakutan yang mencengkeram pasar cryptocurrency. 

Meskipun demikian, banyak investor yang membeli saat penurunan. Menurut sebuah laporan oleh CoinShares, Bitcoin melihat tingkat arus masuk yang mengejutkan hingga 6 Mei, minggu kehancuran, ketika masih menghasilkan USD 45 juta.

 

 

3 dari 4 halaman

Mengenal PSG Coin, Token Penggemar Klub Sepak Bola PSG

Sebelumnya, PSG Coin adalah salah satu fans token atau token penggemar yang dikembangkan melalui Socios.com. PSG atau Paris Saint-Germain sendiri adalah salah satu klub sepak bola dari liga Prancis.

PSG bukan satu-satunya klub sepak bola yang memiliki kripto fan token sendiri, tetapi beberapa klub sepak bola lainnya juga memiliki fan token. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Kamis (19/5/2022), token penggemar atau fans token memungkinkan penggemar di berbagai vertikal olahraga untuk menggunakan pengaruh mereka dalam tim,liga, atau klub favorit mereka.

Melalui Socios.com, penggemar diberdayakan untuk berpartisipasi dalam keputusan klub tertentu, misalnya, memilih lagu selebrasi gol di stadion sepak bola, memilih petarung mana yang harus head to head di MMA dan banyak lagi. 

Berkat Token Penggemar, pemegang menerima akses ke pengalaman sekali seumur hidup seperti pertemuan dan salam pemain, acara hari pelatihan dan banyak lagi.

Daftar kemitraan yang berkembang meluncurkan Token Penggemar mereka di platform Socios.com termasuk beberapa organisasi olahraga terbesar di dunia seperti FC Barcelona, Inter Milan, AC Milan, Manchester City, UFC, ROUSH Fenway Racing, Aston Martin, dan masih banyak lagi. 

Cara Kerja Fan Token

Chiliz ($CHZ) adalah token utilitas ERC20 pada blockchain Ethereum yang berfungsi sebagai mata uang digital untuk platform Chiliz dan Socios.com. Dalam meluncurkan platform mereka, bersama dengan usaha blockchain olahraga lainnya, kategori token baru telah muncul .

Setelah bergabung dengan platform Socios.com, mitra klub yang belum diumumkan menjadi tuan rumah apa yang disebut Penawaran Token Penggemar (FTO).

Penggemar harus membeli $CHZ melalui pertukaran mata uang kripto untuk mendapatkan Token Penggemar. Token ini  yang khusus untuk tim atau klub   adalah aset digital terbatas yang menyediakan akses ke buku besar terenkripsi dari kepemilikan hak suara dan keanggotaan.

4 dari 4 halaman

Apa Itu Rantai Chiliz?

Token penggemar dicetak pada sidechain berlisensi yang kompatibel dengan EVM yang disebut Chiliz Chain. Chiliz Chain saat ini tidak memerlukan biaya transaksi apa pun, membuat pengiriman dan penerimaan Token Fan cepat dan murah.

Chiliz memiliki rencana masa depan untuk meningkatkan Rantai Chiliz untuk memposisikan diri mereka sebagai pemimpin dalam ruang blockchain olahraga, berpotensi membuka jalan untuk pencetakan NFT, mengintai & banyak lagi.

Tentang Paris-Saint Germain

Klub Sepak Bola Paris Saint-Germain yang biasa disebut Paris Saint-Germain, PSG, Paris atau Paris SG, adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Paris, Prancis.

Mereka bersaing di Ligue 1, divisi teratas sepak bola Prancis. Klub paling sukses di Prancis, mereka telah memenangkan lebih dari 40 penghargaan resmi, termasuk sembilan gelar liga dan satu trofi utama Eropa. Rumah mereka adalah Parc des Princes.

Harga PSG Coin

Berdasarkan data Coinmarketcap, Kamis (19/5/2022), harga PSG Coin adalah Rp 155.513 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 2.512.375.386.667.

PSG Coin naik 59,97 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 493 dengan kapitalisasi pasar Rp 483.833.928.779. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 3.111.216 PSG Coin dari maksimal suplai 20 juta PSG Coin.