Sukses

Harga Bitcoin hingga Coinbase Anjlok, Ini Pendorongnya

Harga Bitcoin,cryptocurrency terbesar di dunia, telah turun hampir 8 persen. Demikian juga harga saham terkait kripto yang tertekan.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin, cryptocurrency lainnya, dan saham terkait kripto bergerak sejalan dengan pasar yang lebih luas pada Kamis, 5 Mei 2022.

Melansir Fool.com, Jumat (6/5/2022), cryptocurrency dan saham kripto dijual karena investor mencerna langkah kebijakan terbaru oleh Federal Reserve atau bank sentral Amerika Serikat (AS) yang berada di bawah pengawasan ketat dari pasar saat ini.

Bahkan, selama 24 jam terakhir, harga Bitcoin,cryptocurrency terbesar di dunia, telah turun hampir 8 persen pada 14:14 ET, Kamis.

Sementara itu, saham penambang Bitcoin Riot Blockchain diperdagangkan turun lebih dari 12 persen pada hari itu, dan saham bursa cryptocurrency besar Coinbase Global (COIN -12,22 persen) telah turun sekitar 11,5 persen.

Kemudian, cryptocurrency dan saham kripto yang diperdagangkan dengan volatilitas setelah Federal Reserve menaikkan suku bunga pinjaman 0,50 persen yang merupakan kenaikan suku bunga terbesar oleh the Fed dalam dua dekade.

Sedangkan, the Fed sedang mencoba untuk menjinakkan inflasi, yang sangat tinggi selama beberapa bulan sekarang. Agensi tersebut juga memaparkan perincian untuk rencananya yang sebelumnya diungkapkan untuk mengurangi neraca hampir USD 9 triliun yang menggelembung selama pandemi, karena the Fed melakukan banyak pembelian obligasi untuk mendukung ekonomi selama pandemi.

The Fed juga mengatakan, pihaknya berencana untuk mulai mengeluarkan USD 95 miliar obligasi dari neraca per bulan mulai September, yang berarti dapat mengurangi neraca lebih dari USD 1 triliun per tahun.

Menyusul keputusan the Fed, pasar bereaksi positif dengan Dow Jones Industrial Average naik 900 poin pada Rabu, 5 Mei 2022.

Investor tampak senang Ketua Fed Jerome Powell mengatakan, Federal Reserve tidak mempertimbangkan kenaikan suku bunga 0,75 persen saat ini. Namun, pasar berbalik arah, dengan Dow jatuh hampir 1.100 poin pada Kamis.

"Apa yang terjadi kemarin sangat bagus bagi para pedagang, tetapi kita harus mengharapkan apa yang terus terjadi selama beberapa minggu terakhir," kata Ahli strategi komoditas bersama Bloomberg Intelligence, Mike McGlone kepada Yahoo Finance.

Artinya, the Fed berani melawan inflasi dan aset berisiko turun. Tak hanya itu, dalam berita lain, Coinbase baru-baru ini membuka platformnya untuk token non-fungible (NFT) ke publik setelah hanya merilisnya ke sekelompok kecil orang pada April.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dampak Kebijakan The Fed

Bloomberg juga baru-baru ini melaporkan Coinbase telah membatalkan rencananya untuk mencoba mengakuisisi pertukaran kripto besar Brasil 2TM.

Kesepakatan itu akan mendorong rencana ekspansi internasional Coinbase untuk mendapatkan lebih banyak pengguna. Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Coinbase mengatakan perusahaan itu berkomitmen untuk pasar Brasil dan memiliki teknologi lokal dan kepemimpinan bisnis.

Namun, pada masa lalu setelah pertemuan Fed yang melibatkan keputusan kebijakan penting, Bitcoin dan cryptocurrency lainnya telah bertindak serupa dengan saham teknologi yang tampaknya juga terjadi di sini. Karena ini, memiliki beberapa kekhawatiran kenaikan suku bunga dan Fed mengurangi neraca, efektifitas menarik likuiditas keluar dari ekonomi, mungkin tidak begitu bagus untuk cryptocurrency.

Alasannya adalah karena Fed membanjiri pasar dengan obligasi, itu akan membuat pasokan obligasi meningkat, yang dapat menurunkan harga obligasi dan kemudian meningkatkan imbal hasil obligasi, yang memiliki hubungan terbalik dengan harga obligasi.

Semakin banyak hasil aset yang lebih aman seperti obligasi Treasury AS yang dibayarkan, semakin sedikit daya tarik yang mungkin ada untuk aset berisiko seperti saham teknologi tinggi dan mata uang kripto. Ini juga jauh lebih sulit untuk menilai Bitcoin daripada aset lainnya.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Jumat Pagi 6 Mei 2022

Sebelumnya, harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau masih mengalami pergerakan harga yang seragam, Jumat pagi, 6 Mei 2022. Mayoritas kripto jajaran teratas masih anjlok cukup dalam.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 8,38 persen dalam 24 jam dan 8,47 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 36.375,98 per koin atau setara Rp 525,9 juta (asumsi kurs Rp 14.458 per dolar AS).

Ethereum (ETH) juga masih melemah hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH anjlok 6,37 persen dan 6,31 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 2.741,16 per koin.

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) yang pagi ini juga masih melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB turun cukup dalam yaitu 6,09 persen dan 7,38 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 377,30 per koin.

Kemudian Cardano (ADA) juga masih di zona merah pada Jumat, 6 Mei 2022. Dalam satu hari terakhir ADA melemah sangat besar yaitu 11,58 persen dan 6,72 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,7869 per koin.

 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) masih melemah pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL melemah 8,72 persen dan 14,03 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 84,15 per koin.

XRP juga kembali melemah hari ini. Dalam satu hari terakhir, XRP turun 8,33 persen dan 7,84 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,5921 per koin.

Terra (LUNA) juga masih melemah hari ini. Terra anjlok 4,31 persen dalam 24 jam terakhir dan 6,64 persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 82,67 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah sebesar 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya berada di level USD 1,00.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.