Sukses

Pelatihan Jurnalistik di Universitas Pamulang

Tim Citizen6 sharing tentang bagaimana jurnalisme di media online di Universitas Pamulang.

Citizen6, Jakarta: Universitas Pamulang, Tangerang Selatan siang itu tampak berbeda. Suasana lebih riuh karena ada banyak acara di Aula kampus yang beralamat di Jl. Surya Kencana No.1 Pamulang-Tangerang Selatan itu. Di kampus ini dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda mereka mengadakan program Bulan bahasa. Salah satu kegiatannya adalah Pelatihan Jurnalistik.

Acara diselenggarakan pada Rabu 30 Oktober 2013 mulai pukul 13.00 WIB. Dari Tim Citizen6 hadir Karmin Winarta yang sharing tentang bagaimana jurnalisme di media online. 

Di media online, tulisan yang bagus tidak hanya hanya harus memenuhi unsur yang 5 w dan 1 h. Namun lebih dari itu.  Di era online seperti sekarang ini , sebuah tulisan yang bagus tidak saja harus disukai pembaca, dalam hal ini manusia. Namun juga disukai oleh mesin pencari (seo friendly).



Di mana tulisan yang menarik adalah yang SEO (Search Engine Optimization) friendly dan ada interaksi dengan pembaca. Pembaca tidak lagi hanya membaca berita saja, tapi juga memberikan respon dengan komentar atau menyebarkan tulisan itu di socia media seperti Facebook, Twitter, Google+ dan lain-lain.

Menurutnya, saat ini orang membaca berita tidak hanya untuk mencari informasi, namun juga untuk mencari pengalaman emosional. Kalau menulis hanya untuk melaporkan fakta, itu bisa dibaca di twitter. Sehingga sebagai penulis harus menyajikan sebuah artikel yang bisa mengencourage pembaca untuk merasa terlibat ketika membacanya.

Lebih dari 70 mahasiswa Unpam mengikuti pelatihan ini dengan antusias. Mereka aktif menyampaikan pertanyaannya ketika ada kurang dipahami dari apa yang telah disampaikan pemateri. "Bagaimana melakukan wawancara dengan nara sumber", kenapa kebanyakan media online sekarang judulnya sangat bombastis tapi isinya biasa-biasa saja?



Selama kurang lebih dua jam, acara itu pun berakhir. Namun bagi peserta yang ingin bertanya lebih lanjut tentang penulisan dengan laki-laki yang mempunyai akun tiwtter @fanabis ini bisa menghubungi email, facebook atau telepon selama 24 jam. (bnu)

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.