Sukses

7 Alasan Kenapa Jahe Mentah Membantu Mengatasi Kolesterol

Anda memiliki kolesterol LDL yang cukup tinggi? Coba konsumsi jahe mentah.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, menjaga kesehatan sangat penting untuk dilakukan. Terlebih dengan berbagai aktivitas yang padat serta ada kalanya sulit mengontrol apa yang kita konsumsi.

Alhasil, masalah kesehatan bisa timbul dari gaya hidup yang tidak sehat ini. Salah satu hal yang paling sering dialami yaitu kolesterol tinggi. Apakah Anda juga mengalaminya?

Dilansir dari The Health Site, Rabu (5/6/2024), kolesterol tinggi merupakan suatu kondisi kesehatan gaya hidup yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol LDL dalam darah, yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat.

Meskipun tubuh membutuhkan kolesterol saat membuat sel dan hormon baru, tapi jika berlebihan dapat menimbulkan komplikasi kesehatan yang serius. Termasuk bisa mengalami serangan jantung dan stroke.

Pada artikel ini, kami akan melihat bagaimana Anda bisa mengatur kadar kolesterol dengan mudah di rumah hanya dengan satu bahan. Coba tebak apa? Ya, salah satunya dengan mengonsumsi jahe mentah. Lalu, bagaimana cara bahan dapur ini dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi? 

Namun, sebelum mencoba untuk mengonsumsinya, ini sama sekali bukan pengganti opini medis yang lebih kredibel. Tentunya, Anda juga harus selalu berkonsultasi dengan dokter spesialis atau ahli gizi untuk informasi lebih lanjut mengenai pengelolaan kolesterol.

Alasan Jahe Mentah Dapat Membantu Mengelola Kolesterol Tinggi

Pernahkah Anda didiagnosis mengalami kadar kolesterol tinggi? Cobalah menambahkan satu inci jahe mentah ke dalam makanan Anda untuk mengatasi kondisi ini. Berikut alasannya:

1. Kaya antioksidan

Alasan utama mengapa jahe mentah berhasil melawan kolesterol tinggi adalah karena karakteristik antioksidannya yang kuat. Antioksidan ini melawan stres oksidatif dalam tubuh kita, sehingga menurunkan kemungkinan oksidasi kolesterol dan penumpukan plak di arteri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sebagai anti-peradangan

Dikemas dengan senyawa anti-inflamasi, jahe mentah membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan yang terus-menerus sering dikaitkan dengan kadar kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, dengan menambahkan jahe mentah ke dalam makanan sehari-hari Anda, terdapat potensi untuk mengurangi peradangan. Selain itu, tentu saja hal ini juga berpengaruh dalam mengendalikan kolesterol.

3. Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat

Seperti yang kita ketahui bahwa kolesterol low-density lipoprotein (LDL), memang terkenal sebagai kolesterol 'jahat'. Alasannya karena LDL memiliki peran utama dalam meningkatkan kadar kolesterol.

Oleh karenanya, asupan jahe mentah secara teratur telah menunjukkan potensi dalam mengurangi kadar kolesterol LDL, sehingga membuka jalan bagi peningkatan kesehatan jantung.

3 dari 4 halaman

4. Meningkatkan kadar kolesterol baik

Selain menurunkan kolesterol LDL, jahe mentah bahkan membantu meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL). Kolesterol HDL dianggap sebagai kolesterol 'baik' karena membantu menghilangkan kolesterol LDL dari arteri, yang pada gilirannya menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Mencegah pembekuan darah

Selain untuk menurunkan kolesterol jahat, jahe mentah juga mampu mencegah pembekuan darah. Sebab, jahe mentah mengandung senyawa yang memiliki kemampuan anti agregasi trombosit.

Fungsinya dapat membantu menghambat terjadinya penggumpalan darah. Jadi, jika pembekuan darah terbentuk, dapat menyumbat arteri dan menyebabkan komplikasi kardiovaskular yang serius. Oleh karena itu, jahe mentah terbukti menjadi tambahan yang berguna untuk diet yang ramah untuk pengidap kolesterol.

4 dari 4 halaman

6. Mengelola kadar gula darah tinggi

Menjaga keseimbangan kadar gula darah sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Terutama bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Jahe mentah diketahui membantu mengendalikan gula darah, sehingga berpotensi mengurangi risiko diabetes atau memperburuk masalah kolesterol.

7. Membantu masalah pencernaan

Memulai hari Anda dengan sepotong jahe mentah membantu mencerna makanan dengan lebih baik, penting untuk penyerapan nutrisi yang optimal dan kesehatan secara keseluruhan. Sistem pencernaan yang berfungsi dengan baik dapat meningkatkan pengelolaan kolesterol, dengan memastikan nutrisi diproses secara efektif dan limbah dibuang secara efisien.

Jika Anda sedang mencari tips diet untuk mengontrol kadar kolesterol LDL, cobalah lebih fokus pada pengobatan alami. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan perubahan apa pun pada pola makan dan rutinitas harian Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.